UNBK di Cimahi, Siswa: Kenapa Nggak Bisa Masuk Ya

UNBK di Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

UNBK di Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Cimahi, para siswa sempat kesulitan saat melakukan login.

Selama 15 menit menunggu, raut wajah dari para siswa di SMPN 2 Cimahi yang mengikuti ujian komputerisasi ini tampak kebingungan. Mereka pun bergumam dengan teman di sebelahnya mengenai komputernya.

“Kenapa gak bisa masuk ya,” kata-kata itulah yang terdengar dari ruangan ujian saat itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengaku, memang ada sedikit gangguan ketika peserta mengalami kesulitan login.

Menurut dia, terjadinya masalah tersebut lantaran, UNBK ini berlangsung secara nasional. Akibatnya, jadwal yang seharusnya dimulai sejak pukul 7.30 baru dimulai pukul 7.45 WIB.

“Ada sedikit jeda waktu, mungkin karena UNBK ini berlangsung nasional jadi dalam waktu bersamaan login,” katanya.

Saat ini di Cimahi baru empat sekolah negeri yang mampu menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sementara untuk swasta sudah ada 13 sekolah. Pada 2018 ini, lanjutnya, jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK ada 54 sekolah.

“Sebanyak 27 sekolah menggelar UNBK secara mandiri, 27 sekolah lainnya bergabung ikut fasilitas di SMA/SMK yang ada di Kota Cimahi,” ujarnya.

Sementara total peserta UNBK tingkat SMP di Cimahi mencapai 7.486 siswa, MTs sebanyak 1.535 siswa, peserta paket B 288 siswa dan peserta UNBK paket C sebanyak 597 siswa.

Untuk pelaksanaan UNBK berlangsung mulai Senin hingga Kamis atau  23-26 April 2018. Dan untuk ujian susulan dijadwalkan pada 8-9 Mei 2018.

“Ada sebanyak 556 guru yang diterjunkan menjadi pengawas pelaksanaan,” terangnya.

Dalam pelaksanaan UNBK saat ini, banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas untuk melaksanakan ujian secara mandiri. Sehingga masih banyak sekolah yang melaksanakan ujian secara numpang.

Namun, untuk tahun yang akan datang, kata Dikdik, khusus untuk sekolah negeri pihaknya akan mengajukan anggaran untuk melengkapi fasilitas tersebut. Sehingga kedepan tidak adalagi sekolah negeri yang UNBK-nya menumpang.

“Kita akan ajukan dianggaran perubahan pengadaan komputer untuk melengkapi kekurangan fasilitas sekarang,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Sule – Lina Akhirnya Resmi Bercerai

Komedian Sutisna alias Suleakhirnya resmi menyandang status duda setelah Pengadilan Agama Cimahi, Jawa Barat, mengabulkan gugatan cerai dari Lina.