Longsor Benteng Pemkot Cimahi, Sebuah Rumah Ambruk

rumah di Kampung Babut Tengah, RT 03/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi ambruk (Gatot/Radar Bandung)

rumah di Kampung Babut Tengah, RT 03/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi ambruk (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Sebuah rumah di Kampung Babut Tengah, RT 03/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi ambruk. Pemilik rumah Yani Susilawati (33), harus diungsikan ke rumah saudaranya.

Peristiwa yang terjadi hari Sabtu (21/4) malam itu, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, tidak sedikit pula kerugian material yang diderita korban.

Sebetulnya, Yani sudah memiliki firasat bahwa rumahnya suatu saat akan roboh. Posisi rumahnya berada di atas benteng kantor Pemerintahan Kota Cimahi dengan kontur tananya sudah mengalami kemiringan.

Tak sampai di situ, firasat kuatnya pun mengharuskan ia membawa seluruh peralatan rumah tangganya.

“Dua minggu yang lalu saya sudah mengungsi ke rumah orangtua soalnya, takut ambruk karena bentengnya sudah miring,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Minggu (22/4).

Sementara itu, Ketua RW 18, Arifin, mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.30 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah Kota Cimahi.

“Kejadiannya tadi malam pas hujan deras. kami langsung melakukan evakuasi longsoran tanah dan puing bangunan, karena masuk parkiran Pemkot,” kata Arifin.

Dia menambahkan, saat kejadian di parkiran Pemkot terpakir sejumlah kendaraan roda empat. Beruntung sejumlah kendaraan yang terparkir itu hanya terkena ranting pohon dan tidak mengalami kerusakan serius.

“Alhmadulillah, gak sampai ada korban,” katanya.

Mendapat kabar rumah ambruk di komplek Pemkot Cimahi, Walikota Cimahi Ajay M Priatna langsung mendatangi lokasi.

Ajay mengatakan, sebelum kejadian tersebut pihaknya telah memberikan peringatan kepada pemilik rumah untuk pindah karena benteng itu sudah mengalami kemiringan

“Kalau dilihat dari kontur tanah dan pondasi rumahnya tidak cocok. Sehingga tidak ada penguatan sama sekali ketika tanahnya terkena erosi,” katanya.

Dengan demikian, pihaknya akan melakukan rapat terkait bantuan yang akan diberikan untuk pemilik rumah maupun yang telah terdampak longosran tersebutm

“Kami akan rapat untuk mencari sousi dari kejadian longsor ini,” punkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Sule – Lina Akhirnya Resmi Bercerai

Komedian Sutisna alias Suleakhirnya resmi menyandang status duda setelah Pengadilan Agama Cimahi, Jawa Barat, mengabulkan gugatan cerai dari Lina.