820 Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Tidak Laik Edar

Ilustrasi obat (pixabay.com)

Ilustrasi obat (pixabay.com)

Di tempat yang sama, Ketua KPID Jawa Barat, Dedeh Fadiah, mengatakan, selama ini pelanggaran iklan di media-media lokal di Jawa Barat adalah iklan obat. Misalnya iklan obat tradisional untuk orang dewasa seringkali tayang di jam-jam anak atau remaja. Padahal seharusnya ditayangkan di atas pukul 22.00 WIB.


“Tidak pantaslah, iklan seperti itu ditonton anak-anak,” tegasnya.

Lanjutnya, untuk sanksi yang akan diterapkan jika ada pelanggaran penayangan iklan, berdasarkan UU tentang penyiaran No 32 tahun 2002, sanksi yang terberat ialah menghentikan penayangan iklan.

Namun menurutnya, sepanjang tahun 2017, belum ada iklan yang dihentikan, namun pihaknya lebih mengarahkan agar diedit iklan yang melanggar ketentuan tersebut.

“Baru sebatas kita imbau untuk diedit saja,” ujarnya.

Maya mengatakan, yang pertama tentunya memberikan himbauan, jika tidak diindahkan, maka akan diberikan teguran satu hingga tiga kali. Jika tidak mempan maka KPID memerintahkan agar iklan tersebut diedit.

“Masyarakat pernah mengadu ke kami dalam hal obat tradisional, dimana iklan tersebut ada testimoni dan sebagainya, dan yang melanggar adalah penampilan iklan tersebut, dan yang kita lakukan kita berikan sanksinya itu pengeditan,” pungkasnya.

(gum)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …