Macan Kumbang Turun Gunung di Kawasan Kamojang Garut, Hoaks!

Foto dari video hoax macan kumbang (foto repro Gumilang/Radar Bandung)

Foto dari video hoax macan kumbang (foto repro Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat (Jabar) membantah adanya video macan kumbang yang turun gunung di kawasan sekitar Jalan Kamojang, Kabupaten Garut.

Menurut BBKSDA, video tersebut pernah diunggah di tahun 2011 silam dan bukan berlokasi di kawasan Garut.

Pantauan Radar Bandung, dalam video yang berdurasi satu menit 17 detik itu, memperlihatkan sebuah rekaman penampakan seekor macan kumbang yang sedang berbaring di atas saluran pipa air dan melihat ke arah orang yang merekam video tersebut.

Lalu pada detik ke-59, seekor macan berwarna hitam melintas menuju macan kumbang sebelumnya. Jarak antara perekam video dan kedua satwa yang dilindungi itu lumayan sangat dekat, namun dua ekor satwa tersebut tidak menyerang perekam video.

Kepala BBKSDA Jabar, Sustyo Iriono menjelaskan, pihaknya telah melakukan penelusuran dan menemukan bahwa video tersebut memang telah diunggah ke saluran youtube oleh seseorang dengan nama akun caerole21.

Video yang diunggah pada tanggal 4 Februari 2011 itu memang memperlihatkan dua ekor satwa jenis macan kumbang yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat.

“Video itu bukan video baru. Dan lokasinya bukan di Garut,” terangnya kepada Radar Bandung saat dikonfirmasi melalui saluran telepon, Jumat (20/4).

Sustyo menilai, ada sebuah upaya menyebarkan kebohongan yang dilakukan oleh pihak atau oknum tertentu yang berpotensi dapat menimbulkan kericuhan di masyarakat.

“Adanya pesan yang mengatakan, sudah dua hari, satwa jenis Macan Kumbang turun gunung di kawasan Kamojang Garut. Saya tegaskan, itu hoax,” tegasnya.

Sustyo menurutkan, pihaknya memang belum melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui apa motif dan tujuan dari penyebaran informasi yang tidak benar tersebut.

“Dalam waktu dekat, untuk lebih memastikan, pihak kami akan terjun langsung ke Garut,” pungkasnya.

(gum)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …

KPSN Terus Gulirkan Wacana Reformasi PSSI

Gerakan yang dilancarkan Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) untuk mereformasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapat sambutan hangat …