Konsumen Kesilitan Bayar Utang, Ini Langkah WOM Finance sebelum Pakai Debt Collector

Division Head WOM Finance, Andri Setiawan (Gatot/Radar Bandung)

Division Head WOM Finance, Andri Setiawan (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Dalam upaya membangun lingkungan kredit yang positif, setiap perusahaan khususnya yang bergerak di bidang perkreditan finance, tentu memiliki cara tersendiri agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan konsumen atau nasabah.


Namun, sejauh ini masih ada masyarakat yang belum memahami mengenai konsekuensi perjanjian yang telah disepakati ketika melakukan suatu transaksi perkreditan.

Menurut Division Head WOM Finance, Andri Setiawan, sistem kredit ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan pihak perusahaan kepada nasabah dalam membantu memenuhi keperluan dari nasabah itu sendiri.

“Saya harap saling menjaga kepercayaan sehingga menimbulkan timbal balik yang seimbang,” kata Andri, saat berkunjung ke Cimahi, Jumat (20/4).

Agar hubungan antara perusahaan dan nasabah terjalin baik, lanjut Andri, satu-satunya cara adalah tidak macet saat melaksanakan pembayaran. Sebab, apabila pembayaran tersendat maka pasti ada pihak yang akan dirugikan.

“Tentu pihak perusahaan akan rugi, karena barang yang telah dibawa konsumen sudah ditanggung perusahaan,” tuturnya.

Ia menyarankan, apabila konsumen di tengah proses perkreditan tidak sanggup lagi menyelesaikan hutangnya maka alangkah baiknya diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan meskipun pihak perusahaan telah dirugikan.

“Setidaknya niat baik konsumen bisa jadi pertimbangan perusahaan. Sehingga, dicarikanlah solusi yang tidak saling memberatkan,” tuturnya.

Disinggung mengenai penarikan piutang yang dilakukan oleh jasa penagihan dari luar atau debt collector, Andri mengatakan, pihaknya tidak melulu menggunakan jasa penagih.

Namun, jika konsumen yang tidak memiliki niat untuk melunasi hutangnya maka, jasa penagihan menjadi opsi paling akhir. Itu pun, harus dengan pertimbangan yang matang.

“Untuk penagihan, saat ini kita tetap upayakan dengan cara kekeluargaan. Makanya kita akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat maupun konsumen melalui sejumlah kegiatan seperti, seminar ke tiap Universitas maupun ke tempat lain,” pungkasnya.

Sebelumnya, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM) Finance menggelar seminar sosialisasi dan literasi edukasi industri perusahaan pembiayaan Indonesia dengan tema

“Financial Literation and Upgrade Your Self” yang dilaksanakan di Universitas Widyatama, Kota Bandung.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …