Beranikah Sekolah Menolak Siswa Titipan Pejabat atau Anggota Dewan?

sekolah (foto ilustrasi)

sekolah (foto ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com – Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI), Kota Bandung mengajak seluruh pihak pemerintahan agar konsisten mengikuti peraturan Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018.


FAGI juga akan mengecam keras jika ada pejabat daerah yang menitipkan anaknya secara ilegal untuk masuk ke sekolah tertentu.

Ketua Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI), Iwan Hermawan, mendukung upaya Pemerintah untuk menerapkan sistem zonasi pada PPDB 2018 kali ini.

Menurutnya, dengan adanya 90 persen sistem zonasi tersebut, diharapkan dapat memberikan perhatian kepada masyarakat terdekat terutama anak bagi keluarga yang tidak mampu.

“Saya melihat, ada upaya baik dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung maupun Jawa Barat (Jabar) di PPDB 2018 ini,” ungkapnya, saat dihubungi Radar Bandung melalui saluran telepon, Kamis (12/4).

Terkait permasalahan adanya titipan anak pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) yang ingin masuk ke sekolah tertenu, Iwan mengakui, memang setiap tahunnya, titipan-titipan tersebut selalu ada.

Namun ia berharap, agar semua pihak dapat mengikuti peraturan yang sudah ditentukan, serta pihak FAGI akan mengecam keras jika ditemukannya kasus titipan anak tersebut yang dilakukan pejabat pemerintah di PPDB 2018 ini.

Menurutnya, Jika memang ada anak pejabat yang ingin memasuki sekolah tertentu, lebih baik gunakanlah jalur prestasi pada sistem PPDB kali ini.

“Ikutlah jalur prestasi. Tapi daftarnya sebelum seleksi akademik, jangan setelah PPDB, riweuh kusak-kusuk dititipkan,” tegasnya.

Selain itu,  ia mengajak kepada para pejabat yang memiliki anak yang akan didaftaran ke sekolah, harus memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat.

“Kalau pemerintahnya kasih contoh baik, masyarakat juga akan mengikuti,” ujarnya.

Menurut pengamatannya, fenomena penerimaan anak titipan dari pejabat itu memiliki perbedaan dari masing-masing sekolah yang ada. Ada sekolah yang menerima dan ada juga sekolah yang tidak menerima anak titipan.

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …