Bangun Pilar Pancasila pada Generasi Muda

Ketua Komisi VII DPR-RI, Ali Taher berfoto bersama seusai acara sosialisasi 4 Pilar  MPR RI di Kampus Unpas, Kota Bandung, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Senin (9/4).

Ketua Komisi VII DPR-RI, Ali Taher berfoto bersama seusai acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kampus Unpas, Kota Bandung, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Senin (9/4).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinamika politik Indonesia belakangan ini seakan memanas, terlebih memasuki tahun Pilkada. Bahkan beberapa kalangan berpendapat konsfigurasi politik saat ini ada yang menuju pada perpecahan bangsa.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi VII DPR-RI, Ali Taher usai menjadi perbicara pada acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang digagas Sapmapp Komisariat Unpas Bandung, di Kampus Unpas, Kota Bandung, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Senin (9/4/2018).

Menurutnya, konsfigurasi politik menuju perpecahan tidak terbantahkan. Setidaknya ada beberapa prinsip yang mengancam Indonesia dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama, pandangan dan pemikiran keagamaan yang sempit berujung saling menyalahkan, memuji diri sendiri dan mengkafirkan orang lain.

“Itu disadari betul oleh MPR,” tuturnya.

Kedua, sambung Ali, prinsip hanya memikirkan kelompoknya sendiri ketimbang kepentingan bersama dan gotong royong. Ketiga, penegakan hukum yang dinilai tidak adil. Ke empat, kearifan dan ketauladanan pemimpin yang kini dipertanyakan serta faktor eksternal lainnya.

“Indikasi seperti itu sudah nampak. Untuk menyikapinya, kami memiliki tugas pokok dan fungsi ingin mengembalikan pada jalan yang benar, on the right track dengan cara membangun kembali kesadaran berbangsa dan bernegara, khususnya dikalangan generasi muda,” terangnya.

Ali mengungkapkan, MPR RI memiliki kesadaran konstitusional untuk mengembalikan kondisi negara (Indonesia) kembali dalam konteks berdaulat, kehidupan berbangsa dan bernegara. Caranya, mensosialisasikan 4 Pilar kepada generasi muda untuk membangun kesadaran ideologi Pancasila, konstitusi dan keanekaragaman NKRI.

“Tanpa itu generasi muda akan mengalami degradasi penurunan moral kebangsaan yang luar biasa. Makanya kami gencar menyosialisasikan 4 pilar berbangsa, bernegara,” tandasnya.

Politisi PAN itu juga menyinggung masalah UU MD3 yang belakangan sempat gaduh antara jajaran legislatif dan eksekutif. Ali menyebut, undang-undang tersebut jangan menjadikan DPR lupa akan tupoksinya sebagai wakil rakyat.

“Jangan sampai MD3 menempatkan DPR jadi super power kemudian lupa akan tugasnya. Nah ini yang harus kita jaga sama-sama kedepannya,” pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds

Agnez Mo Makin Intim dengan Kekasih

 Agnez Mo masih saja enggan berbagi tentang kisah asmaranya dengan Jeffrey J Kopchia. Pelantun Coke Bottle itu tak jua mengunggah foto …