Pohon Tumbang di Jalan Braga karena Dimakan Proyek Trotoar

Pohon tumbang di Jalan Braga, Bandung. (M Gumilang/Radar Bandung)

Pohon tumbang di Jalan Braga, Bandung. (M Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Lagi, pohon tumbang di Jalan Braga, Kota Bandung. Penyebab peristiwa yang berlangsung Kamis (5/4) pukul 10.00 WIB itu diduga akar pohon tersebut habis akibat pembangunan trotoar.


Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadamam dan Penyelamatan dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, Kurnia Saputra, mengatakan, pohon setinggi kurang lebih enam meter dengan diameter kurang lebih 20 sentimeter itu, 80 persennya sudah tak memiliki akar.

“Kita cek, akarnya tinggal dikit. Padahal akar itu sangat penting untuk menopang beban sebuah pohon,” jelasnya kepada Radar Bandung, baru-baru ini.

Ia mengatakan, pembangunan trotar dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran akar sebuah pohon. Ditambah lagi, usia pohon dan juga kondisi cuaca seperti angin dan hujan menjadi penyebab lainnya pohon tersebut akan tumbang.

“Banyak faktor sebenarnya, intinya harus tetap ada ruang tanah yang luas untuk pohon sehingga akarnya mampu menjaga pohon tetap kokoh,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya menerima laporan dari pelapor, menelepon ke call center 113 milik DKPB, lalu tim penyelamat DKPB langsung menuju tempat kejadian.

Menurutnya, pohon tersebut tumbang ke bahu jalan sehingga membuat arus lalu lintas sekitaran Jalan tersebut agak terganggu, namun kepolisian setempat membantu tim DKPB untuk mengatur arus lalu-lintas di sekitaran lokasi kejadian.

“Pihak kepolisian lalu-lintas wilayah Braga membantu kami,” terangnya.

Ia menjelaskan, setelah tim melakukan pengamatan di lapangan, eksekusi dilakukan para petugas memotong batang pohon yang agak besar menjadi bagian yang lebih kecil menggunakan gergaji mesin. Lalu pada pukul 10.20 WIB telah selesai ditangani.

“Beruntung tak ada korban dalam kejadian kali ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, di jalan yang sama sebuah pohon mahoni juga tumbang dan menimpa satu unit mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi D 1495 ADG berwarna putih, Minggu (1/4), namun belum diketahui apakah penyebab tumbangnya pohon ini akibat proyek trotoar.

(gum)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Dua PTS di Wilayah III Dilakukan Pembinaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 456 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Barat dan Banten dinyatakan tidak bermasalah dengan hukum. Ratusan …