Waduh! USBN Tingkat SMA Kemungkinan Diulang, Jika…

Sejumlah siswa menjawab soal Bahasa Indonesia yang tertera pada komputer saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMKN 6 Bandung, Jalan Soekarno Hatta Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

Sejumlah siswa menjawab soal Bahasa Indonesia yang tertera pada komputer saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMKN 6 Bandung, Jalan Soekarno Hatta Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

“Tentu kita ingin mengharapkan yang terbaik bagi pendidikan di Indonesia ini, satu sisi kita harus melihat pada siswa yang sudah benar-benar jujur dan bekerja keras mengikuti USBN, masa mau diulang lagi kan kasihan, tapi satu sisi kita ingin memperbaiki sistem agar kejadian serupa tak terjadi lagi,” pungkasnya.


Sementara itu, sebanyak 841 siswa dari 27 kelas berbagai bidang kompetensi keahlian mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 6 Bandung. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang oleh 799 dari 25 kelas, Senin (2/4).

Dalam pelaksanaanya, para siswa tersebut terbagi dalam tiga sesi waktu ujian selama empat hari pelaksanaan. Di mana terdapat empat mata pelajaran yang di ujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan atau kompetensi keahlian.

Kepala Sekolah SMKN 6 Bandung, Ramdan, mengatakan, guna mempersiapkan kompetensi para siswa dalam menghadapi UNBK kali ini, pihaknya telah menggelar berbagai pembekalan sedini mungkin, dimulai dari pengayaan intensif, pelatihan soal sebanyak tiga kali, hingga penguatan mental, melalui kegiatan doa bersama yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10, 11, dan 12.

Pihaknya juga melakukan persiapan pada aspek sarana dan prasarana ujian, mulai dari pengoptimalan perangkat komputer, hingga penyediaan genset berdaya 33 ribu watt, sebagai antisipasi adanya pemutusan aliran listrik, yang dapat mengganggu proses berjalannya UNBK 2018.

“Kami memiliki lebih dari 300 perangkat komputer yang mampu mengakomodir seluruh peserta UNBK. Para peserta pun tidak diungut sepeserpun biaya, sehingga mereka bisa fokus mempersiapkan dan wajib mengikuti ujian ini,” ujarnya saat di temui Radar Bandung pada saat pelaksanaan UNBK di SMKN 6 Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung.

Ia menambahkan, sebagai antisipasi adanya bocoran soal atau kunci jawaban, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh siswa untuk tidak terjebak dalam isu-isu sesat yang berhubungan dengan informasi bocoran soal dan jawaban UNBK melalui media sosial.

Bahkan sejak awal dirinya telah memberikan edukasi agar mereka percaya akan kemampuan dirinya sendiri, dan tidak bergantung kepada hal-hal yang belum tentu jelas kebenarannya.

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …