Tingkatkan Konektivitas Alumni Sadaya Unpad

Ketua IKA Sadaya Unpad, Ardhi Lufti Siregar (Gatot/Radar Bandung)

Ketua IKA Sadaya Unpad, Ardhi Lufti Siregar (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Ikatan Keluarga Alumni Sastra dan Ilmu Budaya (IKA Sadaya) Universitas Padjadjaran terus berupaya meningkatkan konektivitas para alumni yang jumlahnya ribuan yang berkiprah di berbagai bidang.


Ketua IKA Sadaya Unpad, Ardhi Lufti Siregar mengatakan, jumlah alumni yang banyak merupakan potensi yang harus diolah sehingga memiliki nilai lebih yang bisa bermanfaat bagi internal maupun masyarakat secara luas.

Maka fungsi IKA Sadaya sebagai wadah yang menaungi para alumni peranya harus dioptimalkan.

“Selama ini wadah alumni vakum dan tidak terkoneksi, dalam dua tahun terakhir ini terus dibangun,” ucapnya dalam kegiatan Kemping Sadaya di Villa Datuk Manglayang, Minggu (1/4/2018).

Ardhi Lufti Siregar menyebutkan, dengan terbentuknya konektivitas antara sesama alumni maka akan terjadi komunikasi dan pertukaran informasi. Pada akhirnya akan memuculkan potensi masing-masing yang bisa dikembangkan secara bersama.

“Tanpa adanya wadah dan para alumni tidak saling kenal satu sama lain, maka informasi tidak akan mengalir,” ujarnya.

Selama ini dalam menjalin komunikasi dengan para alumni yang tersebar baik dalam dan luar negeri, Ardhi Lufti Siregar memaksimalkan keberadaan media sosial facebook.

Sejauh ini Grup Reuni Akbar Sastra Unpad jumlah anggotanya sekitar 8.400 alumni, dan setiap hari sudah memiliki tema tetap, mulai jual beli, lowongan pekerjan serta tema lainnya yang bisa lebih merekatkan silaturahmi sesama alumni.

“Selain berkomunikasi di media sosial, juga setiap tahun diagendakan pertemuan dalam bentuk kemping dan lainnya,” terangnya.

Dia menjelaskan, program-program yang sudah dijalankan juga harus menyentuh seluruh alumni, seperti coaching, mentoring, beasiswa, bisnis, seminar dan sebagainya.

Selain itu juga ada program Sastra Bisa yang bertujuan untuk mengikat hubungan yang kuat antara alumni dengan mahasiswa. Selain itu juga memberikan bantuan-bantuan bagi warga yang terkena banjir yang terjadi di Dayeuhkolot.

“Makanya dalam IKA Sadaya juga dibentuk divisi-divisi yang berperan sebagai operator untuk menjalankan program tersebut,” urai Ardhi Lufti Siregar yang juga menjabat sebagai Head of Human Resources for Manulife Globar Resourcing (Philippines and Chegdu China), MTS Malaysia.

Salah satu tantangan yang ingin dicapai, Ardhi Lufti Siregar yakni bagaimana menjaga keberlangsungan wadah alumni ini tetap eksis dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dengan mempersiapkan regenerasi agar IKA Sadaya tetap menjadi “rumah” para alumni.

“Saya berupaya membangun pondasi kuat untuk menjaga keberlangsungan IKA Sadaya,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …