Alumni Sastra Unpad Reunian, Perkuat di dalam dan Luar Organisasi

Reuni Ikatan Alumni Sastra dan Ilmu Budaya (IKA Sadaya) Universitas Padjajaran Bandung

Reuni Ikatan Alumni Sastra dan Ilmu Budaya (IKA Sadaya) Universitas Padjajaran Bandung

POJOKBANDUNG.com – Setelah sekian lama tidak melaksanakan kegiatan temu teman, Ikatan Alumni Sastra dan Ilmu Budaya (IKA Sadaya) Universitas Padjajaran Bandung, kembali menggelar pertemuan seluruh angkatan.


Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Vila Datuk Kompek Manglayang Regency Cileunyi Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan itu, keceriaan dari para peserta tampak terpancar dari raut wajah mereka. Canda tawa yang dibumbui teriakan rasa rindu pun pecah disaat momen pertemuan itu.

Bagaimana tidak, hampir dua tahun lamanya mereka tidak bersua. Tak ada batasan ataupun sekat antara senior dengan junior, semuanya berbaur.

Ketua IKA Sadaya Universitas Padjajaran Bandung, Ardhi Lutfi Siregar, mengatakan, pertemuan kali ini bukan hanya sekedar silaturahmi melepas rindu. Namun, ada sejumlah bahasan yang harus dirembugkan dengan para alumni dari semua angkatan.

“Di sini kita semua berkumpul lintas angkatan. Dengan tujuan menghidupkan kembali koneksi IKA Sadaya sekaligus menanamkan rasa memiliki terhadap organisasi tempat kita bernaung semasa mahasiswa dulu,” katanya.

Dia menambahkan, dengan adanya ikatan alumni ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi alumni sastra sekaligus menjadi sumber informasi yang kemudian, bisa bermanfaat bagi seluruh anggota IKA Sadaya.

Organisasi yang memiliki jumlah anggota sekitar 20.000 orang itu, saat ini tengah dalam masa transisi. Berbagai program internal hingga eksternal pun dibahas secara bersama.

Ardhi Lutfi Siregar menyebutkan, program internal IKA Sadaya yang saat ini sedang berjalan maupun sudah dilakukan antara lain, pelatihan, seminar, mentoring, beasiswa dan tentunya bisnis.

“Beberapa program ini semuanya sudah berjalan, sementara untuk program unggulan terus dimatangkan,” ucapnya.

Program unggulan IKA Sadaya ini adalah Sastra Bisa. Dijelaskannya, program ini dilakukan untuk mengikat hubungan yang kuat antara alumni dan mahasiswa.

“Dengan begitu, komponen yang terputus bisa dijalurkan kembali tanpa ada rasa canggung di antara kami,” jelasnya.

Dalam upaya memantapkan roda organisasi, kata dia, 2019 mendatang pihaknya berencana melaksanakan kegiatan kemanusiaan ke panti sosial. Untuk teknisya, saat ini tim Divisi Sosial IKA Sadaya sedang membentuk kepanitaan.

“Jadi, brandingnya IKA Sadaya ini tidak hanya di internal saja tapi, lebih luas hingga ke masyarakat,” terangnya.

Di dalam tubuh organisi yang memiliki potensi besar, kata dia, sangat dibutuhkan rasa kepedulian yang tinggi dari para alumni lainnya. Sebab, jika mengandalkan pertemuan yang sifatnya tidak berkesinambungan maka, yang akan muncul hanya dari sisi bisnisnya saja.

“Diharapkan, seluruh anggota IKA Sadaya mendapatkan hikmah dari pertemuan ini. Maka jalinlah silaturahmi tanpa mengenal batasan,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …