OTT Buang Sampah Sembarangan, Pelaku Akan Difoto dan Dipermalukan di Media Sosial

Warga yang kena Opersi Tangkap Tangan (OTT) PD Kebersihan Kota Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

Warga yang kena Opersi Tangkap Tangan (OTT) PD Kebersihan Kota Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Program Opersi Tangkap Tangan (OTT) bernama Tewak Anu Miceun Runtah yang dicanangkan oleh PD Kebersihan Kota Bandung membuahkan hasil.


Puluhan warga pembuang sampah sembarang tertangkap dalam operasi tersebut. Kepala Bidang Humas PD Kebersihan Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan, operasi ini digelar untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2005 tentang penyelenggaraan ketertiban, kebersihan dan keindahan.

Ia menilai, program tersebut terlihat membuahkan hasil dengan salah satu indikatornya, jumlah pelaku yang tertangkap tangan mengalami penurunan.

OTT digelar enam jam dalam sekali pelaksanaan. Setiap operasi, PD Kebersihan menggandeng Satpol PP dan Aparatur Kewilayahan sekitar.

Hal ini terbukti pada saat operasi di Kawasan Jalan Sudirman Kota Bandung, pada hari Rabu (28/3) dini hari. Hanya berselang 30 menit saja, pihaknya sudah menangkap empat pelaku pembuang sampah sembarangan dengan berbagai dalih untuk mengelak.

Namun menurutnya, kali ini para pelaku hanya disosialisasi untuk tidak buang sampah sembarangan serta membawa pulang kembali sampahnya.

Para pembuang sampah yang terkena OTT ini pun banyak yang memberikan pembelaan.

Asep menyebutkan, pembelaan mereka beragam, mulai dengan alasan tidak ada pengangkutan dari petugas RW hingga ada yang mengaku baru pertama kali membuang sampah di jalan.

Warga yang kedapatan membuang sampah ini kebanyakan melempar begitu saja sampah mereka yang sudah dibungkus kantong kresek.

“Banyaklah alasannya, tapi kan kita sudah sosialisasi hampir setahun juga, jadi bagi kami harus melakukan penegakan disiplin, biar ada efek jera buat masyarakat,” ujarnya kepada Radar Bandung.

Asep menuturkan, dalam sekali operasi, pihaknya dapat menemukan puluhan pelaku pembuang sampah sembarangan.

“Bisa sampai puluhan, tergantung tempat dan kawasan rawan buang sampah sembarang atau tidaknya. Pelakunya tak hanya sampah rumah, bisa sampah toko, atau sampah lainnya,” tuturnya.

Ada pun tindakan yang dilakukan kepada para pelaku pembuang sampah sembarang tersebut, pihaknya akan melakukan pendataan seperti meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Lalu akan memfoto KTP tersebut sebagai bentuk laporan pendataan dengan mengumpulkan foto para pelaku lalu menyebarkannya di media sosial agar warga Kota Bandung lainnya dapat melihat siapa pelaku pembuang sampah sembarangan ini.

“Selanjutnya, kita serahkan ke Satpol PP untuk penindakannya seperti KTP nya yang ditahan atau bagaimana,” terangnya.

Ia mengatakan, OTT Tewak Nu Miceun Runtah ini akan konsisten digelar seminggu sekali agar memberikan dampak yang signifikan. Beberapa kawasan di Kota Bandung seperti Cihampelas dan Cibaduyut sudah mengalami penurunan pelaku buang sampah sembarangan.

“Ya Alhamdulillah, pelaku buang sampah sembarangan di beberapa kawasan yang sudah di OTT tidak ditemukan lagi, berkurang bahkan tidak ada, jadi bersih seperti di kawasan Cihampelas yang asalnya banyak sampah di jalan, jadi berkurang. Lumayan tertib,” ungkapnya.

Asep mengatakan, operasi Ini merupakan upaya sosialisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk meminimalisir pembuang sampah sembarangan.

“OTT ini merupakan upaya sosialisasi sekaligus bentuk teguran secara langsung kepada pembuang sampah sembarang untuk buang sampah pada tempatnya,” imbuhnya.

Asep menegaskan, kesadaran membuang sampah pada tempatnya harus berasal dari diri sendiri.

“Ya dasarnya kan buang sampah pada tempatnya kan harus berasal dari pribadi untuk jaga lingkungan, tapi kita akan tetap lakukan operasi sebagai bentuk sosialisasi,” pungkasnya.

(Cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …