Penyandang Disabilitas Dapat Pelatihan Digital

Program Coding Mum yang dislenggarakan Bekraf (AZIZ ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG)

Program Coding Mum yang dislenggarakan Bekraf (AZIZ ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com – Penyandang disabilitas Kota Bandung mendapatkan pelatihan coding website dari Bandan Ekonomi Kreatif (Bekraf).


Pelatihan tersebut merupaka program Coding Mum yang dislenggarakan (Bekraf) sejak dua tahun lalu. Setelah Jakarta, kini kegiatan tersebut diadakan di Kota Bandung. Rencananya akan digelar pula di Surabaya dan Makassar.

Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Dr. Ing A.R Boy Berawi menjelaskan, Coding Mum merupakan program Bekraf untuk mengembangkan keahlian masyarakat di bidang digital.

“Pada 2017 program ini bagi ibu-ibu rumah tangga, kita besarkan lagi cangkupannya menyasar buruh migran,” ujar Boy kepada seluruh wartawan di menara Bandung Digital Valley, Jalan Geger Kalong Hilir, Bandung, Rabu (28/3).

Boy mengatakan, programer baru yang disuplai dari Indonesia sangat jarang, kebanyakan dari luar Indonesia yang bisa menghasilkan progemer baru, sehingga Coding Mom bisa menjadi langkah baru dalam tenaga kerja digital.

“Dengan Coding Mom sendiri bisa memenuhi gate coder baru di Indonesia,” ungkapnya.

Coding Mom yang diberikan kepada penyandang disabilitas bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada kawan-kawan disabilitas agar memiliki pekerjaan yang layak seperti masyarakat pada umumnya.

“Intinya disabilitas juga punya hak memiliki pekerjaan yang sama dengan yang lain,” tuturnya.

Di tempat sama, Mentor Conding Mom khusus disabelitas, Tita Mulyati memaparkan, untuk pertama peserta lebih dulu diberikan pengenalan mengenai konsep internet dan website.

“Kemudian kita mengajarkan cara coding cara bikin website dan goal terakhir adalah mereka bisa membuat website sendiri,” ujar Tita.

Kata Tita, meskipun pelatihan tersebut belum bisa di online kan, menurutnya, para peserta sudah memiliki konsep dan sudah tau dasar cara membuat website.

“Kalau pengembangan berikutnya tergantung minat masing-masing ya,” sambungnya.

Masih kata Tita, Coding Mom hanya memberikan dasar. Namun melalui Coding Mom para peserta akan di usahakan. Menarik ke jenjang progreming.

“Kalau mereka terkatirik pemograman android silahkan dikembangkan sendiri, yang jelas kami hanya berikan dasar,” ungkapnya.

Untuk total peserta, ada 13 orang dan semuanya dari Bandung, tinggal juga di Bandung, terkait jumlah disabilitas dikatakanya, ada dua orang yang merupakan pemerhati dan wirausaha.

“Karena disini kan ada dari teman-teman tunga rungu, kita butuh entrepeter untuk teman tunarungu,” sambungnya.

Teakhir Boy menambahkan, jika Coding Mom berjalan baik dan bisa berdampak fositip terhadap kawan disabilitas, dikatakanya, akan diperbesar wilayah cakupanya kenseluruh wilayah Indonesia.

“Mudah-mudahan di kota lain juga ada tempat yang sama seperti Bandung Digital Valley,” pungkasnya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …