Begini Arti Gapura yang Berdiri di Sejumlah Jalan Utama di Kota Bandung

Gapura kota tua di Jalan Ir Juanda (Dago) (FACEBOOK SUPARDIYONO SOBIRIN)

Gapura kota tua di Jalan Ir Juanda (Dago) (FACEBOOK SUPARDIYONO SOBIRIN)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kini Bandung memiliki gapura di sejumlah jalan utama. Gapura warna putih yang didesain klasik itu memiliki sejumlah arti.


Kepala Seksi Elemen Dekorasi Dinas Tata Ruang Kota Bandung, Diah Saraswati menjelaskan, gapura yang dibuat sudah sesuai standar dan kajian.

Diah mengatakan, pembuatan gapura berdasarkan detail engineer design (DED). Gapura ditempatkan di beberapa titik kota lama sebagai penanda Kota Bandung pada zaman dahulu.

“Dengan adanya beberapa gapura, sebagai penanda, titik lingkaran yang mencakup Bandung kota lama dahulu,” terang Diah kepada Radar Bandung baru-baru ini.

Diah mengklaim, gapura memiliki nilai historis dengan style tertentu, misalnya street style, pedestrian dan tipe iland.

Model-model tersebut dapat dibedakan dari bentuknya. Model Street style dibangun di Jalan Sudirman. Model pedestria ada di Jalan Riau dan Dago, tipe tugu atau iland di Wastukencana, Katamso, Ciampelas dan Astananyar.

Gapura di kota-kota lama dicirikan dengan model pedestrian. Namun berdasarkan fungsi, menurut Diah, semua gapura ialah penanda gerbang masuk ke suatu wilayah.

Fungsi lainnya, sebagai  penanda wilayah bahwa Kota Bandung dulu hanya beberapa kecamatan, sekarang sudah berkembang semakin lebar.

“Bandung kota lama itu tidak hanya Dago dan Braga saja, Katamso itu kota lama juga,” tuturnya.

Disinggung mengenai patung maung (harimau) yang terdapat di tugu-tugu di Kota Bandung, semuanya sudah didesain hingga menyerupai harimau aslinya. Sebelumnya, harimau-harimau di tugu tersebut sempat diledek seperti anjing laut atau beruang.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …