Satpol PP Cimahi Turunkan Lebih dari 200 Atribut Kampanye Pilgub Jabar Bermasalah

Anggota Satpol PP Kota Cimahi mencabut atribut Pilgub Jabar (Gatot/Radar Bandung)

Anggota Satpol PP Kota Cimahi mencabut atribut Pilgub Jabar (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Tindakan yang dilakukan tim kampanye gubernur Jabar dalam memasang atribut atau Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kota Cimahi, dinilai tidak mengindahkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) serta mengabaikan Peraturan Daerah.


Tanpa tebang pilih, Satuan Polisi Pamong Praja Kota (Satpol) PP Kota Cimahi langsung menurunkan sedikitnya 228 APK, yang terpasang di sejumlah titik.

Sekretaris Satpol PP Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengatakan, penurunan APK tersebut karena dianggap melanggar Perda Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3).

“Ratusan APK politik yang ditertibkan belum semuanya. Kita tertibkan dulu yang di pusat kota,” kata Dadan.

Tindakan yang dilakukan tim kampanye ini pun sangat disayangkan. Sebab, meski sudah diatur dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), seluruh jumlah dan lokasi pemasangan spanduk, baliho, umbul-umbul dan sebagainya sudah ditentukan KPU.

“Kalau tidak mengerti, diharapkan koordinasi dulu dengan pihak terkait, sebelum memasang APK,” ucapnya.

Dari data yang diperoleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi, hampir 80 persen APK yang terpasang tidak sesuai ketentuan dan dianggap melanggar PKPU.

Ketua Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi, mengatakan, data tersebut atas dasar laporan dari masing-masing Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Ketika di cek ke lapangan, ternyata memang banyak APK yang dipasang tidak sesuai PKPU,” kata Yus.

Disinggung apakah pihak tim kampanye pernah berkordinasi dengan Panwaslu, kata dia, sejauh ini tidak ada koordinasi terkait pemasangan alat peraga tersebut. Bahkan, tembusan tertulis untuk kegiatan pun hingga saat ini pihaknya belum menerima.

“Walaupun sudah ada izin dari pihak kepolisian namun, tetap saja surat tembusan harus ada karena, akan membantu kami dalam melakukan pengawasan untuk menciptakan kondusifitas Pilgub Jabar,” tuturnya.

Dengan begitu, untuk mencegah berbagai pelanggaran kampanye di wilayahnya, Panwaslu Kota Cimahi akan segera mengirim surat kepada masing-masing tim kampanye pasangan calon gubernur jabar.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds