Polda Jabar Minta Masyarakat Utamakan Keselamatan Bukan Kecepatan

Polda Jabar menggelar Gebyar Oprasi Keselamatan Lodaya 2018 di Car Free Day (CFD) Dago (M Gumilang/Radar Bandung)

Polda Jabar menggelar Gebyar Oprasi Keselamatan Lodaya 2018 di Car Free Day (CFD) Dago (M Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, prihatin soal keselamatan lalu lintas di Jabar.


Menurutnya, kecelakaan lalu lintas masih tinggi. Selama dua minggu digelar Operasi Keselamatan Lodaya, kecelakaan naik menjadi empat persen.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jabar, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, pada Gebyar Oprasi Keselamatan Lodaya 2018 di Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir. H.Djuanda, Bandung, baru-baru ini.

Operasi Keselamatan Lodaya digelar (5/3) hingga (25/3). Namun, selama jalannya operasi itu, dua kecelakaan maut terjadi.

‎Agung menjelaskan, dua kecelakaan menonjol pertama yakni di Tanjakan Emen dan di Tol Cipali.

“Untuk turunan Emen sedang kami upayakan untuk membuat jalur darurat sehingga jika sopir merasa kendaraannya mengalami gangguan, bisa mengalihkan kendaraanya ke jalur darurat tersebut,” ujar Agung.

Dua kecelakaan menonjol dimaksud adalah kecelakaan di Emen pada (14/3), namun tidak ada korban meninggal. Kemudian kecelakaan di Tol Cipali‎ pada (17/3) dengan korban jiwa meninggal enam orang.

Polda Jabar menggelar Gebyar Oprasi Keselamatan Lodaya 2018 di Car Free Day (CFD) Dago (M Gumilang/Radar Bandung)

“Harus jadi pelajaran penting bagi semua pengguna jalan raya. Perhatikan betul faktor keselamatan, pastikan pengemudi dalam keadaan fit dan kendaraannya laik jalan,” imbuhnya.

Agung menungkapkan, selama operasi keselamatan di Jabar, pihaknya tidak mengutamakan penindakan. Polisi lebih memprioritaskan kepada teguran atau imbuan kepada pengemudi.

Ia menekankan, pentingnya pengguna kendaraan mematuhi aturan lalu lintas di jalan yang dilewati.

“Sudah ada 27 ribu lebih teguran yang kita berikan,” ungkapnya.

Pada Gebyar Operasi Keselamatan Lodaya 2018, Agung memberikan santunan pada korban kecelakaan serta anak yatim hingga pembagian hadiah dan doorprize.

Ia juga memberikan bantuan kepada anggota Polri yang mengalami kecelakaan lalulintas pada saat menjalankan tugasnya.

Selain itu warga masyarakatpun ada yang mendapatkan bantuan dari Agung berupa tongkat, kursi roda, serta kaki palsu, guna membantu para korban kecelakaan lalu lintas tersebut.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan keselamatan bukan kecepatan.

Lanjutnya, para pengendara harus menjadikan keselamatan sebagai prioritas dan dapat menghindari pelanggaran yang bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas.

“Mari sama-sama bersinergi untuk tingkatkan keselamatan lalu lintas,” pungkasnya.

(Cr1)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …