Pesawat Cassa 212 TNI AU Tergelincir di Bandara Husain Sastranagara

Ilustrasi. Pesawat Cassa 212 tipe 200. (Irwansyah/Sumatera Ekspres/JPNN)

Ilustrasi. Pesawat Cassa 212 tipe 200. (Irwansyah/Sumatera Ekspres/JPNN)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pesawat Cassa 212 TNI AU tergelincir di jalur runway Bandara Husain Sastranagara, Bandung. Insiden ini murni kecelakan.


Kecelakaan terjadi setelah Cassa 212 melakukan pemotretan Situ Cisanti dan Sungai Citarum. Tidak ada korban jiwa dalam dalam insiden pesawat TNI AU jenis Cassa 212 Aviocar A-2108 Skadron 4 Lanud Abdurahman Saleh, Malang, itu.

Pesawat dipiloti Kapten Pnb Andika Ardyagana dan Kopilot Wanto Nur Abadi beserta tujuh kru dan enam personel dari Dispotrudau.

Kepala Penerangan dan Perpustakan (Kapentak) Lanud Husain Sastranagara, Mayor Suprih Ardyanto menjelaskan, pesawat tergelincir ketika lending keluar runway pukul 9.41 WIB.

“Sesudah melaksanakan misi pemotretan udara di daerah Cisanti Pengalengan barat dan seputaran daerah sungai Citarum,” kata Mayor Suprih Ardyanto, di Lanud Husain Sastranagara.

Ia mengatakan, kondisi pesawat baik dan siap melaksanakan misi, tidak ada kekurangan atau apa pun.

Namun saat landing, sambung dia, pesawat mengalami masalah after landed nose steering hingga tergelincir lima meter dari tepi runwai.

Menurutnya, pada jam 11:30 WIB, pesawat berhasil di evakuasi. Selanjutnya, kejadian itu dalam proses penelitian lebih dalam.

“Yang jelas dari pihak kami, setiap penerbangan kita ada brefing penerbangan,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan semakin menekankan keselamatan penerbangan, termasuk cek kesehatan dan persiapan seluruh pilot, co pilot, dan kru.

“Ini murni kecelakaan, dan perlu ditekankan, tugas sudah selesai dan hanya mau landing,” paparnya.

Executive General Manager Bandara Udara Internasional Husain Sastranagara, Andika Nuryaman menambahkan, selama insiden, ada enam penerbangan yang ditunda, semuanya diberi estimasti waktu 60 menit.

“Ada penerbangan Surabaya Bandung ke Cengkarang, kemudian Banjarmasin Bandung take drave ke Cengkareng,” kata Andika di kantor Angkasa Pura II Husain Sastranagara.

Lanjut Andika, untuk Wings air Malang Bandung, ikut mengalami penundaan. Untuk keberangkatan jurusan internasional, yakni tujuan Bandung-Singapura, pesawat sudah stand by di bandara, sehingga bisa saling menunggu.

“Pesawat Malindo juga ada, tujuan bandung Kaula Lumpur, semua berangkat setelah kejadian tersebut dan aman,” tuturnya.

Disinggung mengenahi keluhan dari penumpang maskapai, Andika menjawab, pasti ada, dan menurutnya penumpang pasti sudah mengerti, karena sudah diberikan pengumuman melalui pengeras suara.

“Alhamdulilah penumpang mengerti dan mau menunggu, tapi begitu selesai aman semua berangkat langsung,” ungkapnya.

Kejadian tersebut menurut Andika, tidak menimbulkan kerusakan signifikan. Semua bisa diatasi segera dan tidak ada kerugian besar, koordinasi dengan instansi terkait juga terjalin baik.

“Kami pengelola bandara meminta maaf atas keterlambatan, karena alasanya teknis,” pungkasnya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.