Begini Prosesi Nyepi di Kota Cimahi, Ponsel pun Harus Dimatikan

Pura Loka Natha di Jalan Sriwijaya Kota Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

Pura Loka Natha di Jalan Sriwijaya Kota Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Pura Loka Natha di Jalan Sriwijaya Kota Cimahi, mulai dihias untuk menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh Sabtu (17/3).


Melasti di Kampung Adat Cireundeu, menjadi konsep para pengurus pura yang dipersiapkan saat menyambut upacara pensucian diri. Kemudian dilanjutkan dengan upacara Taur Agung Kesanga dan dilanjutkan dengan Catur Brata Penyepian.

Pengurus Pura Loka Natha, I Ketut Nunas Arjana, mengatakan, seluruh umat Hindu diwajibkan melakukan Catur Brata Penyepian atau melaksanakan empat kewajiban saat melaksanakan Hari Raya Nyepi.

“Empat kewajiban itu yakni, Amati Geni, Amati Lalanguan, Amati Lelunguan dan Amati Keharian,” terang Ketut.

Dia melanjutkan, seperti diketahui saat melakukan aktifitas Amati Geni, umat Hindu tidak berhubungan dengan api dan harus mengendalikan api Rohani seperti mengendalikan emosi.

“Kemudian Amati Lalanguan, atau aktifitas yang berhubungan dengan hiburan, sehingga umat Hindu mematikan ponsel pun diharuskan,” katanya.

Sementara Amati Lelunguan, kata dia, hubungannya dengan bepergian, sehingga umat Hindu diharapkan bisa diam di rumah selama 24 jam untuk bermeditasi membaca kitab suci.

Kemudian yang terakhir, Amati Keharian yang hubungannya dengan aktifitas kerja, jadi semua umat Hindu tidak melaksanakan aktifitas bekerja.

“Melaksanakan Catur Brata itu tujuannya untuk mengosongkan pikiran ketika memohon kepada beliau untuk berdoa dan berterima kasih,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …