BPPD Kota Bandung Segel Toko Bekas Pakaian Muslim

BPPD Kota Bandung memasang alat peringatan penunggak pajak (mur/Radar Bandung)

BPPD Kota Bandung memasang alat peringatan penunggak pajak (mur/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung memasang alat peringatan penunggak pajak terhadap sebuah shoping center di Jalan BKR, Bandung, yang menunggak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selama tiga tahun.

“Jadi gedung ini, semula toko baju muslim. Tapi sekarang sepertinya sudah tidak beroperasi lagi,” ujar Kasubid Penindakan, Bidang Pengendalian BPPD Kota Bandung Wawan Irawan, Kamis (15/3).

Wawan mengatakan, jumlah tunggakan yang harus dibayar wajib pajak sebesar Rp51 juta.

“Itu sudah termasuk tunggakan dan denda selama 3 tahun,” katanya.

Meski nampak sudah tidak produktif lagi, namun Wawan menegaskan tidak berarti wajib pajak bebas membayar PBB atau mendapat keringanan dalam pembayaran PBB.

“Kewajiban membayar PBB tidak terkait dengan bangunan yang masih beroperasi atau tidak,” katanya.

Sebelum adanya tindakan pemasangan alat peringatan ini, Wawan mengatakan pihaknya sudah terlebih dahulu melayangkan surat peringatan dan teguran. Namun tidak ada tanggapan.

“Katanya sih kita sekarang harus berurusan dengan ahli waris,” terangnya.

Setelah pemasangan ini, wajib pajak memiliki waktu 7 hari untuk melakukan pembayaran. Jika tidak menunjukan sikap bekerjasama, maka akan dilakukan sita lelang terhadap objek pajak.

“Untuk itu, kami serahkan sepenuhnya kepada wajib pajak, mau bayar pajak atau disita lelang,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, BPPD sudah melakukan sekitar 50 kali penindakan terhadap penunggak PBB selama 2018.

Menurut Wawan, penempelan alat peringatan ini, relatif efektif. Karena menimbulkan efek jera terhadap wajib pajak. Biasanya, wajib pajak yang objek pajaknya sudah ditempeli alat peringatan ini, langsung melakukan kewajibannya.

Sebelum ini, sudah dilakukan penindakan yang sama terhadap wajib pajak di JL Ibrahim Adjie, lantaran menunggak PBB hingga Rp400 juta.

(mur)

loading...

Feeds

Tiga Calon Sekda KBB Siap Bersaing

Panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengumumkan tiga peserta terbaik yang akan menduduki Jabatan Sekretaris …