Akan Ada Nama Jalan Majapahit dan Hayam Wuruk di Bandung? Begini Penjelasan Pemkot

Pemkot Bandung

Pemkot Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung masih menunggu perubahan nama jalan di Kota Jogjakarta dan Surabaya dengan nama leluhur Sunda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Bandung, proses menunggu tersebut terkait dengan rencana perubahan dua nama jalan di bandung dengan nama leluhur Jawa, yakni Majapahit dan Hayamhuruk.

Majapahit dan Hayam Wuruk dikabarkan akan menggantikan nama Jalan Kopo dan Jalan di sekitar Gasibu, Bandung.

Penanggung Jawab Sementara (PJS) Walikota Bandung, M. Solihin menjelaskan, usulan tersebut berdasarkan permintaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Yogyakarta, kemudian melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat di tetapkan Kota Bandung sebagai pengapilaksian nama jalan leluhur Jawa.

“Berarti Yogyakarta dan Jawa Timur sudah mengakui berbagai sejarah, sejarah dalam tanda kutip yang sudah terjadi pada masa lalu,” kata Solihin saat di temui Radar Bandung di Grand Pasundan Jalan Peta nomor 147 Kota Bandung, beberapa hari lalu.

Jika Jawa Timur dan Yogyakarta sudah mencantumkan nama leluhur Sunda, kata dia, maka sudah selayaknya pemerintah Kota Bandung turut memberikan kontribusi yang sama.

“Insyallah ya kita juga akan cepat rubah nama jalan menggunakan nama leluhur Jawa,” ungkapnya.

Solihin menjelaskan, pihaknya tidak ingin mempermasalhkan peristiwa di masa lalu, mengingat generasi saat ini bagian dari masa lalu. Maka perubahan nama jalan diharapkan akan mempererat hubungan harmonis Jawa dan Sunda.

“Alangkah baiknya kita harus mengankat perbedan antara kita,” kata Solihin.

“Sekarang kita menunggu saja, jika Jawa Timur dan Yogyakarta sudah merubah nama jalan, kita juga segera akan rubah,” pungkasnya.

(cr3)

loading...

Feeds

Lewat Dunia Games, Telkomsel Gelar Liga ESport

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Telkomsel melalui Dunia Games menggelar Liga eSport sebagai rangkaian kompetisi di Indonesia Games Championship (IGC) 2019. Liga eSport …