Walah! Sanitasi Kota Bandung Belum Setandar Nasional

Foto ilustrasi sanitasi (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Foto ilustrasi sanitasi (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) menilai sistem sanitasi Kota Bandung belum mencapai batas layak.

Direktur Perkotan Perumahan dan Pemukiman, Bappenas RI, Tri Dewi Virgianti menjelaskan, berdasarkan data yang dikelola Bappenas dari 2016 tentang air limbah, Kota Bandung masih cukup jauh dari standar nasional dan provinsi.

“Akses layak air limbah Nasional itu 67,54 persen dan provinsi Jawa Barat 64,02 persen, sedangkan Kota Bandung hanya 46,47 pesen, masih cukup jauh,” ujar Tri kepada Radar Bandung di hotel Grand Pasundan Jalan Peta nomor 147 Kota Bandung, baru-baru ini.

Menurut Tri, Untuk pembangunan Kota Bandung sudah cukup bagus, namun harus lebih baik lagi, seperti contoh, banjir belum bisa ditangani dengan baik. Menurut Tri, banyak hal yang hrus terintregasi dengan baik, dari wilayah perkotaan dan hulu.

“Memang benar, harus ada perencanaan yang menyeluruh terlebih dulu, baru bisa dibangun, sehingga solusinya tidak sepotong-sepotong harus keseluruhan,” ungkapnya.

Tri mengatakan, jika akses sanitasi masih 46,47 persen, menurutnya masih banyak kondisi pemukiman warga yang belum memiliki septitank khusus, rata-rata masih membuang air besar langsung ke sungai, tidak dalam septitank.

“Dari data tersebut berarti, WC umum dan WC rumahan warga Kota Bandung, banyak yang tidak memiliki septitank,” terangnya.

Masih kata Tri, seharusnya sisa kotoran bisa ditampung terlebih dahulu diseptitenk, kemudian akan di olah dengan sendirinya dan sisa-sisanya bisa langsung ke sungai.

“Pengaruhnya nanti sungai jadi tercemar, akhirnya penyakit timbul penyakit diare dan sebagainya, mungkin penyakit itu masih tinggi di Kota Bandung,” ungkapnya.

Tri Menambahkan, masalah tersebut,  harus jadi fokus pemerintah bandung, penangananya, bisa membantu masyarakat mempunyai septitank yang bagus di rumah. Dikatakanya, bisa juga membangun beberapa septitank untuk beberapa rumah.

“Bantuan dari RI sangat banyak, ada berbentuk hibah dan sanitasi langsung, itu bisa di manfatkan jika pemkot memang kurang uang,” pungkasnya.

(cr3)

loading...

Feeds

Ini Varian Kosmetik Baru Marcks’ dan Venus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemilihan produk kosmetik sebaiknya mempertimbangkan segi kecantikan dan kesehatan. Inilah yang mendorong PT Kimia Farma (Persero) Tbk …