Di Cimahi Banyak Ditemukan Orang Gila Baru

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Sejak satu bulan terakhir, hampir setiap hari Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, menerima laporan warga terkait keberadaan orang gila.


Laporang diterima sekitar 30 aduan masyarakat. Kepala Bidang (Kabid) Sosial DinsosP2KBP3A Kota Cimahi, Agustus Fajar, mengatakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang masuk ke Cimahi disinyalir merupakan kiriman dari luar Cimahi.

Berdasarkan keterangan warga, kata Agustus Fajar, sebelumnya di daerah mereka tidak ada orang gila.

“Warga yang merasa heran atas keberadaan orang gila yang tiba-tiba ada sekitar lingkungannya itu, langsung melakukan pelaporan. Mereka menduga  mendapat kiriman dari wilayah luar daerah,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam hal ini pihaknya melakukan tindakan sesuai dengan kondisi ODGJ tersebut. Jika ODGJ berat akan mendapat pelayanan kesehatan jiwa promotiv preventif sesuai standar di puskesmas atau rumah sakit jiwa.

“Tapi, selama tidak mengganggu gak jadi masalah, karena rumah sakit jiwa daya tampungnya sangat terbatas,” terangnya.

Tindakan lainnya, sebagian OGDJ ada yang sudah dikirim ke Yayasan Mata Hati di Tasikmalaya. Yayasan ini menangani ODGJ yang menggelandang.

Dia menyebutkan, pihaknya sebenarnya menangani ODGJ pasca-pengobatan oleh dokter. Namun begitu, pihaknya selalu diminta bantuan menangani ODGJ oleh instansi kesehatan.

“Bentuk bantuannya, kita memberikan surat administrasi untuk akses pelayanan ke rumah sakit umum dan RSJ-nya,” katanya.

Untuk mengoptimalkan layanan terhadap ODGJ di Kota Cimahi, kata dia, pihaknya sudah mengajukan pembuatan panti rehabilitasi orang gila terlantar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Terlebih, saat ini marak orang gila yang terlantas sehingga mengganggu keindahan kota.

“Tapi itu kewenangannya ada di provinsi. Jika panti itu terwujud, harapannya bisa optimal memberikan layanan terhadap ODGJ,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds