Setelah Video Merokoknya Viral, Begini Kondisi Kesehatan Orangutan Bandung

Ozon - Orangutan yang merokok di Kebun Binatang Bandung (Facebook)

Ozon - Orangutan yang merokok di Kebun Binatang Bandung (Facebook)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jika manusia, Ozon (22) mungkin tak menyangka videonya yang tersebar di internet menjadi heboh dan menjadi bahan pembicaraan banyak orang.


Dalam video itu, Ozon yang merupakan orangutan (Pongo pygmaeus) Kebun Binatang Bandung, mendapatkan rokok dari pengunjung yang sengaja melempar puntung rokok ke kandangnya.

Orangutan asal Kalimantan itu sudah menghuni Kebun Binatang Bandung selama kurang lebih lima tahun. Ozon tinggal di sebuah kandang berukuran 15×10 meter.

Meskipun di belakang kandangnya sudah terdapat papan peringatan berbentuk kecil berukuran 50×25 centimeter bertuliskan dilarang memberi makan dan rokok kepada binatang, namun nyatanya tetap ada pengunjung yang bandel memberikan rokok tersebut.

Ozon diketahui sebagai hewan yang memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilakukan oleh manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Humas Kebun Binatang (Bunbin) Bandung, Sulhan Safei. Sulfan mengatakan, orangutan memang memiliki kecendurungan untuk meniru setiap gerak gerik manusia.

Tak heran jika Ozon si orangutan meniru kelakuan pengunjung Kebun Binatang Bandung yang mungkin sering melintasi atau melihat ke kandangnya sambil merokok.

“Karena Ozon sering melihatnya, jadi dia menirukan kebiasaan manusia merokok,” ungkapnya saat ditemui Radar Bandung di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Rabu (7/3).

Sulhan menjelaskan, pengelola Kebun Binatang Bandung telah menerapkan peraturan sesuai Standart Operating Procuder (SOP) untuk menghimbau dan melarang pengunjung melakukan tindakan yang merugikan satwa.

“Setiap kandang sudah kita pasang papan peringatannya. Namun tetap saja masih ada pengunjung yang sengaja melanggar aturan tersebut,” ungkapnya.

Ia menerangkan, Ozon saat ini dipastikan dalam kondisi sehat. Ozon tidak memperlihatkan tanda-tanda sakit akibat merokok.

Pantauan petugas Kebun Binatang Bandung, Ozon memang beberapa kali terlihat mengambil puntung rokok yang masih menyala yang dilemparkan oknum pengunjung ke kandangnya. Sulhan menyesalkan perbuatan oknum pengunjung yang melakukan perbuatan tersebut.

“Memang tidak sering, kurang lebih tiga sampai lima kali ia (Ozon) begitu. Kita memang belum cek ke dokter hewan tapi melihat kondisinya sampai dengan saat ini sepertinya masih baik-baik saja,” tuturnya.

Sulhan mengatakan, dirinya telah melihat video dan foto yang menjadi heboh di masyarakat. Menurutnya, ada dua versi dari video tersebut, yang pertama adalah versi secara utuh yang memperlihatkan seorang oknum pengunjung dengan sengaja melemparkan puntung rokoknya yang masih menyala ke dalam kandang Ozon, lalu Ozon mengambil rokok tersebut dan langsung menghisapnya.

Video kedua adalah video yanh fokus memperlihatkan Ozon sedang menghisap rokok tersebut sampai rokok tersebut habis lalu dibuang oleh Ozon. Melihat fakta dari video tersebut, pihak Kebun Binatang Bandung yakin, pelaku memang sengaja melakukan perbuatan itu.

“Video pertama terlihat jelas si pelaku sengaja membakarkan rokoknya tersebut lalu memberikannya kepada Ozon,” terangnya.

Sulhan menerangkan, pihaknya akan melakukan rapat dengan seluruh pengelola Kebun Binatang Bandung beserta manajer untuk membahas langkah ke depannya terkait kasus tersebut.

“Akan kita umumkan ke publik, karena ini sudah pelanggaran peraturan yang diterapkan di Bunbin Bandung,” jelasnya.

Lanjutnya, ia menginginkan pelaku yang memberikan rokok kepada Ozon agar meminta maaf kepada warga Bandung karena tindakannya merupakan hal yang salah dan dapat berdampak buruk bagi satwa.

“Tak peduli mau minta maaf dengan cara bagaimana, yang penting si pelaku mengaku dan meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat atas perbuatannya,” tegasnya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds