Eduvolunteer, Jaring Anak Belajar di Taman

komunitas Eduvolunteer Bandung (Nur Fidhiah Shabrina/ Radar Bandung)

komunitas Eduvolunteer Bandung (Nur Fidhiah Shabrina/ Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Kota Bandung punya banyak komunitas. Mereka bergerak di banyak bidang, antara lain pendidikan. Salah satunya komunitas Eduvolunteer.


Komunitas ini ialah sekumpulan relawan yang peduli terhadap pendidikan anak-anak di daerah Antapani dan Cipanjalu. Program mereka belajar sambil bermain.

Komunitas yang digagas Deden Kurnia pada 2014 itu berawal dari lingkungan rumah. Latar belakangnya, masih banyak anak-anak yang tidak bersekolah. Deden pun bikin taman belajar.

Setelah berhasil menjaring beberapa anak kecil di sekitaran rumahnya, akhirnya ia mulai membuka pendaftaran sebagai relawan untuk mengajar.

“Jumlah anggota Eduvolunteer yang aktif setiap ngajar itu sekira empat sama enam orang, memang ga banyak karena mereka kan ada kegiatan lain juga,” ujarnya saat ditemui Radar Bandung di Taman Belajar Senyum Bunisari, Jalan Bunisari, Kelurahan Antapani Wetan.

Anggota Eduvolunteer rata-rata mahasiswa, yakni dari UPI, UNINUS, UIN, ITB. Selain mahasiswa, ada juga yang sudah bekerja sebagai guru dan pengusaha.

“Diawal dulu jumlahnya mencapai 70, tapi ya balik lagi ini kan sifatnya sukarela jadi tidak memaksa,” tambahnya.

Sampai saat ini, komunitas Eduvolunteer masih aktif mengajar di taman belajar tersebut. Setiap minggu akan ada kaka-kaka dari berbagai universitas yang mampir untuk mengajari banyak hal kepada anak-anak. Mereka mengajar mulai pukul 13.00 – 15.00.

“Bagi yang mau mendaftar menjadi relawan, silakan ini terbuka. Saya senang, jadinya semakin ramai yang ngajarin anak-anak, bisa langsung datang ke TBS (Taman Belajar Senyum) atau cek instagram kami @Eduvolunteer,” tutupnya.

(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …