BPJS Kesehatan Bangun Kesepahaman Bersama Stakeholder

MENERANGKAN: Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat Mohammad Edison menerangkan tentang Program JKN-KIS saat Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Dan Forum Kemitraan, di Gedung Sate. ( foto : ASEP RAHMAT/ RADAR BANDUNG )

MENERANGKAN: Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat Mohammad Edison menerangkan tentang Program JKN-KIS saat Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Dan Forum Kemitraan, di Gedung Sate. ( foto : ASEP RAHMAT/ RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan mutu, kualitas serta pelayanan kesehatan agar bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Salah satunya mengoptimalkan program BPJS Kesehatan dalam mendukung capaian peserta JKN – KIS demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) hingga akhir 2018.


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Iwa Karniwa mengungkapkan,
BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik diberi wewenang menyelenggarakan program JKN-KIS dan harus menyukseskan program strategis kesehatan nasional. Maka dari itu, kata Iwa, pihaknya akan senantiasa membantu dengan berbagai cara salah satunya menjadi jembatan untuk koordinasi dengan OPD terkait di setiap daerah.

“Ini diperlukan pemahaman yang sama antar pemerintah. Sebab, semua bisa terealisasi melalui koordinasi lintas sektor atau instansi,” ucap Iwa usai membuka Kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Dan Forum Kemitraan, di Gedung Sate, kemarin.

Iwa melanjutkan, BPJS Kesehatan perlu berkomunikasi dengan semua stakeholder antara lain Pemerintah Daerah (walikota atau bupati). Selain itu juga Manajemen Fasilitas Kesehatan, Asosiasi Fasilitas Kesehatan atau lainnya.

“Artinya melalui forum ini (Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Dan Forum Kemitraan) semua lintas pemangku kebijakan harus saling membantu menyukseskan program BPJS Kesehatan agar 2019 nanti Jabar sudah UHC,” terangnya.

Tujuan Forum ini, lanjut Iwa, agar tercapai komunikasi yang baik dengan para pihak pemangku kepentingan terkait dengan pelaksanaan Program JKN-KIS. Tentunya, meliputi penyampaian saran dan gagasan, pemecahan masalah serta perumusan rencana kerja sama yang strategis.

“Tentunya, agar terwujud partisipasi itu Pemprov Jabar akan mendukung
sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran peserta,” terang Iwa.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat Mohammad Edison menjelaskan, Pertemuan Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama ini dilakukan dua kali dalam setahun. Dimana agendanya membahas Evaluasi program JKN – KIS di setiap daerah di wilayah Jabar.

“Bahasanya yang ter-update tentang kebijakan dan regulasinya seperti apa, dikupas tuntas dalam pertemuan di forum ini,” tutur Edison.

Edison menyebut, forum tersebut juga diharapkan tercapainya komunikasi yang baik dengan para pihak pemangku kepentingan dan tercapainya pemahaman yang sama serta terwujudnya partisipasi pemerintah daerah dalam mendukung sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran Peserta Program JKN – KIS demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) pada 2019.

“Berdasarkan data hingga Februari 2018 sudah ada 22.751.818 jiwa yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Sebanyak 2.050 Faskes Tingkat Pertama, yang bermitra dengan kami, terdiri atas 830 Puskesmas, 671 Klinik Pratama, 413 Dokter Praktik Perorangan, 59 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 77 Klinik TNI/Polri. Kami juga bekerja sama dengan 184 Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan meliputi, 162 Rumah Sakit, 56 Apotek, serta 67 Optik,” pungkasnya.

(arh)

 

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …