SLBNA Pertama Kali Mengadakan Praktek Kerja Industri

Siswa Sekolah Luar Biasa Negri A (SLBNA) Kota Bandung Praktek Kerja Industri  (Azis Zulkahairil/Radar Bandung)

Siswa Sekolah Luar Biasa Negri A (SLBNA) Kota Bandung Praktek Kerja Industri (Azis Zulkahairil/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Jurusan Seni Musik, Sekolah Luar Biasa Negri A (SLBNA) Kota Bandung mengadakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) pertama kali.


Sekolah penyandang Disabilitas itu, kali pertama memberikan kesempatan kepada 14 murid kelas 11 untuk menjajal mengisi acara musik di salah satu cafe di Kota Bandung.

Konselor SLBNA Kota Bandung, Muftiah Yulismi menjelaskan, program tersebut merupakan bimbingan karier yang dimaksudkan untuk siswa kelas 11 bisa mengembangan rasa percaya diri dan jiwa emosional yang baik.

“Kami ingin di mata masyarakat, siswa siswi kami tidak di pandang sebelah mata,” kata Yulismi kepada seluruh wartawan, di Jalan Citarum nomor 2, Kota Bandung, Senin (5/2).

Lanjut Yulismi, selain melatih tingkat kepercaya dirian siswa, Prakerin juga membantu menyiapkan mentalitas siswa kelak ketika ingin bekerja dan memasuki perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang yang di geluti siswa.

“Siswa kami banyak yang memiliki kemampuan khusus, kami ingin perguruan tinggi siswa kami melalui jalur prestasi,” ungkapnya.

Yulismi menambahkan, melalui Prakerin orangtua siswa juga semakin mengetahu arah anaknya akan dibawa kemana, dengan kemapuan yang sudah sering di berikan sekolah, karena kelas 11 sendiri dikatakan Yulismi sudah memasuki usia remaja.

“Orang tua juga bisa melihat dengan keadan anaknya sekarang, apakah mau di kuliahkan atau bersolo karir,” sambungnya.

Guru mata pelajaran musik dan ketua program Prakerin, Noviard Tupan menjelaskan, cara pembelajaran yang diterapkan SLBNA Kota Bandung dengan mengenalkan semua bunyi-bunyi alat musik terlebih dahulu, dikatakanya penyandang disabilitas sangat peka terhadap bebunyian.

“Memang ada strategi yang beda, yaitu melalui auditorium, itu sangat efektif,” ujar Noviardi.

Dengan diberikan perkenalan bebunyian, kata Novardi, siswa-siswi jurusan seni musik juga sangat cepat menghafal lirik lagu, sehingga ketika bernyanyi menurut novardi sudah tidak ada kesalahan-kesalahan lirik.

“Ketika dikenalkan beberapa lagu untuk bernyanyi, mereka sangat cepat untuk mencernanya, karena sangat sensitif itu tadi,” paparny.

Novardi berharap, diberikanya Prakerin agar siswa dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan profesional sesuai dengan metode yang sudah diberikan sekolah.

“Kami berharap ilmu yang kami berikan sebelum Prakerin bisa di aplikasikan selama lima hari kedepan,” pungkasnya.

(c3)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …