Repot Buang Sampah Jumbo Seperti Kasur dan Lain-lain? Begini Caranya

Sampah besar PD Kebersihan

Sampah besar PD Kebersihan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PD Kebersihan Kota Bandung siapkan layanan angkutan sampah berkapasitas besar.‎ Ini untuk mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan, antara lain ke sungai,


Direktur Utama (Dirut) PD Kebersihan Deni Nurdyana mengatakan, layanan tersebut mulai diluncurkan sejak awal 2017. Sampah besar yang bisa diangkut layanan ini ialah kasur, sofa, meja, hingga lemari.

Untuk menjemput sampah ke rumah rumah, PD Kebersihan membagi menjadi empat wilayah agar sampah bisa terangkut dengan singkat dan cepat. Keempat wilayah tersebut meliputi wilayah operasional Bandung barat, selatan, utara dan timur.

“Program tersebut bertujuan agar warga disiplin dalam membuang sampah terutama sampah besar,” papar Deni Nurdyana.

Menurut Deni, hingga akhir Februari, sudah ada 39 warga yang membuang sampah besar. Setelah sampah besar tersebut diambil petugas, sampah tersebut dipilah untuk dipakai atau diperbaiki. Sampah yang sama sekali tak bisa diperbaiki, akan dibuang TPA.

Ia menjelaskan, program tersebut salah satu upaya mendukung program Citarum Harum. Diharapkan, masyarakat tidak lagi buang sampah ke sungai, melainkan membuang ke lokasi yang sudah ditentukan atau minta dijemput ke lokasi.

Tarif penjemputan sampah besar untuk saat ini masih gratis. Namun ke depan mungkin akan dikenakan tarif sesuai dengan jenis sampahnya.

“Tentunya harus didata terlebih dahulu atau kerjasama istilahnya. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi setelah 3 bulan dan tidak menutup kemungkinan nanti dikenakan biaya khusus untuk menutupi biaya operasional,” ujarnya.

Hingga 22 Februari 2018, rekapitulasi pengangkutan sampah besar wilayah Bandung barat sebanyak 5 orang, selatan 12 orang, utara13 orang dan timur 9 orang.

Ada pun wilayah untuk membuang sampah di antaranya Jalan Surapati Nomor 126, Terminal Sadang Serang nomor 10, Jalan Pasir Impun No 48 Jalan Cicukang No 12, Jalan sekelimus Barat nomor 10, Gang Kina nomor 12, Jalan Pajajaran, dan Jalan Babakan Sari nomor 64.

Layanan sampah besar tersebut buka pada setiap Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Warga juga tidak dipungut biaya apapun jika warga menaruh sendiri sampah besar di salah satu kantor PD Kebersihan. Teknisnya, warga bisa menghubungi PD Kebersihan lewat 0227207889 ataupun via Twitter @pdkebersihanbdg.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …