Komisi III DPRD Jabar: Pajak Kendaraan Bermotor Penyumbang PAD Terbesar bagi Jabar

Hearing Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat di Kecamatan Cisarua Kab Bogor

Hearing Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat di Kecamatan Cisarua Kab Bogor

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan perhatian terhadap upaya meningkatkan PAD utamanya yang diperoleh dari pajak kendaraan bermotor.


Hal ini mengemuka saat Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan hearing dialog dengan elemen pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Cisarua Kab Bogor 19 Desember 2017.

Teuku Hanibal mewakili Komisi III dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan hearing dialog ini merupakan program kerja DPRD Provinsi Jawa Barat dengan tema Sosialisasi Serta Intensifikasi Pajak Kendaraan Bermotor.

Melalui hearing dialog, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi serta jawaban terkai masalah-masalah pembayaran pahak yang saat ini sudah bisa dilakukan melalui e-Samsat.

“Pajak kendaraan bermotor penyumbang PAD yang besar bagi Jabar, termasuk dari wilayah Bogor ini karenanya perlu terus ditingkatkan melalui sosialisasi kepada masyarakat,” kata Teuku Hanibal.

Pada kesempatan itu hadir Kepala CPPD Provinsi Jawa Barat Wilayah Cibinong, Ateng Kusnandar Adisaputra, SH, MM yang menyampaikan penjelasan mengenai pelayanan pajak kendaraan bermotor yang dilakukan oleh CPPD.

Ateng menjelaskan Pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk membiaya jalannya pemerintahan daerah dan pembangunan daerah.

Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan agar membayar pajak daerah khususnya pajak kendaraan bermotor sebelum masa berlaku pajak habis. Sehingga ke depannya diharapkan angka kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) akan berkurang setiap tahunnya, bahkan tidak akan ada.

Lebih lanjut Ateng menyampaikan apresiasi kepada masyarakat penggerak pajak atau kader pajak dimana mereka ini tidak mendapatkan gaji atau honor dari CPDP Kabupaten/Kota tempat mereka tinggal namun mereka tetap semangat untuk memberikan informasi kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya mengenai manfaat membayar PKB tepat waktu dan tepat guna.

“Bahkan Gubernur telah memberikan penghargaan berupa pemberian motor kepada para kader pajak yang telah membantu mensosialisasikan pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat sehingga angka pembayar pajak meningkat.”

Pada kesempatan dialog dengan masyarakat mengemuka mengenai tindakan tilang yang diberikan kepada masyarakat yang telah melakukan pajak melalui Samsat Online.

Dijelaskan bahwa selama masih dalam batas waktu yang ditetapkan maka polisi tidak akan melakukan tindakan tilang, namun masyarakat tetap harus melakukan validasi pajak samsat online tersebut.

Hadir pada hearing dialog tersebut Kasatlantas Cibinong serta perwakilan dari bjb Kantor Cabang Cibinong, para pelaku ekonomi di Kab. Bogor, tokoh masyarakat serta aparat Kecamatan Cisarua Bogor.

(***)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …