Ini Jumlah Orang Meninggal Akibat Kecelakaan di Cimahi

Polwan Polres Cimahi saat edukasi kepada pengendara (Gatot/Radar Bandung)

Polwan Polres Cimahi saat edukasi kepada pengendara (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Pihak Kepolisian Resort (Polres) Cimahi terus berupaya menekan korban kecelakaan lalu lintas.


Berdasarkan data Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat sepanjang tahun 2017, jumlah laka lantas mencapai 6.853. Dari angka tersebut, sebanyak 2.317 orang meninggal dunia.

Dari ribuan korban tersebut, di wilayah hukum Polres Cimahi yang meliputi Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Margaasih, menyumbang sebanyak 450 kecelakaan termasuk 55 korban meninggal dunia (MD).

Bahkan, memasuki tahun 2018 hingga bulan Maret, laka lantas sudah mencapai 42, dengan korban MD sebanyak delapan orang.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, mengatakan, dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lodaya (OKL) 2018 secara serentak ini, diharapkan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara di jalan raya.

“Intinya kita berupaya agar angka laka lantas di wilayah hukum Polres Cimahi bisa terus menurun,” kata Suharto, di sela OKL di Jalan Cilember, Cimahi, Senin (5/3).

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya laka lantas di antaranya, pelanggaran, tingkat kedisiplinan yang rendah serta kelaikan kendaraan.

Oleh sebab itu, dalam operasi keselamatan yang dilaksanakan selama 20 hari kedepan, jajaran Polres Cimahi tidak hanya fokus pada pelanggaran administrasi (kelengkapan surat kendaraan) dan kelaikan kendaraan saja.

Namun, imbauan serta edukasi pun dilaksanakan agar para pengendara memahami aturan dalam berkendara.

“Edukasi lalu lintas yang kita berikan secara langsung ini, tujuannya agar masyarakat bisa menjaga dirinya masing-masing saat berkendara,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sat lantas Polres Cimahi juga membagi-bagikan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) gratis kepada para pengendara roda dua.

Mereka yang diberikan helm, selain yang tidak memakai helm juga yang kondisi helmnya sudah rusak. Jumlah total helm yang dibagikan sebanyak 20.

“Pembagian helm ini merupakan sebuah imbauan kepada masyarakat bahwa, kalau berkendara harus mengutamakan keselamatan,” tuturnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …