Duh! PMI Kota Bandung Kekurangan Darah Golongan Ini

Donor darah di PMI Kota Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

Donor darah di PMI Kota Bandung (M Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung mentargetkan 500 labu darah per harinya. Namun untuk pendonor dan juga stok golongan darah AB masih menjadi urutan paling sedikit dan langka.


Wakil Ketua Bidang Organisasi, PMI Kota Bandung, Anto Sumardianto mengatakan, PMI Kota Bandung sudah menargetkan 400-500 labu (kantong darah segar) per harinya, 2.000-2.500 labu per minggu, 12.000-15.000 labu per bulan dan 150.000 labu per tahunnya.

“Dalam satu hari ada kurang lebih 500 pendonor dan untuk di PMI Kota Bandung sendiri ada kurang lebih 200 pendonor setiap harinya,” kata Anto saat ditemui Radar Bandung di Gedung PMI Kota Bandung, baru-baru ini.

Meski demikian, jumlah 500 labu perhari kadang tak mencapai target. Anto menuturkan, pihak PMI akan terus mensiasati targetan tersebut dengan menyediakan Unit Kendaraan Transfusi Darah (UKTD) yang berjumlah 10 mobil untuk mendatangi setiap rumah sakit baik negeri ataupun swasta.

Lalu, UKTD juga bakal mendatangi setiap kecamatan-kecamatan dan puskesmas daerah, sekolah-sekolah dan kampus-kampus yang ada di Kota Bandung.

“Di Bandung ada kurang lebih 40-45 rumah sakit baik negeri ataupun swasta. Kita sistemnya jemput bola,” imbuhnya.

Anto menjelaskan, pendonor dengan jenis golongan darah A hingga saat ini jumlahnya yang paling banyak, sedangkan untuk pendonor dengan golongan darah AB menjadi golongan darah yang paling sedikit pendonornya.

“Permintaan untuk golongan darah jenis AB memang sedikit, tapi kita harus tetap standby menyediakan darah AB ini. Karena golongan darah jenis AB terbilang langka dan unik,” ungkapnya.

Hal lainnya sebagai antisipasi menurutnya, jika ada sesuatu yang darurat, baik golongan darah AB yang notabene sedikit stoknya, maupun golongan darah lainnya, agar menyediakan donor pengganti atau pendonor keluarga.

“Biasanya baik dalam lingkup keluarganya masih memiliki kemungkinan golongan darah yang sama terutama kedua orangtua pasien,” ujarnya.

Selain itu, ia memohon maklum kepada para pasien yang membutuhkan darah segar dari PMI harus mengeluarkan biaya seharga Rp350.000 per labu sebagai biaya penggantian pengelolaan darah.

Menurut Anto, sebagian besar alat-alat dan labu atau tempat penampung darah segar tersebut masih dibeli secara impor dari luar negeri.

Biaya penggantian pengelolaan darah tersebut atas keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) lalu ke PMI Pusat dan ke PMI Daerah. Harga tersebut sama meskipun kapasitas labunya berbeda, kan ada yang 250cc, 350cc dan 450cc,” jelasnya.

Hal yang masih menjadi hambatan juga menurutnya adalah kebutuhan sel darah putih atau trombosit bagi penderita demam berdarah biasanya.

Lanjutnya, tahap prosesnya bisa menghabiskan waktu kurang lebih enam jam lamanya untuk memisahkan trombosit darah pendonor agar bisa digunakan oleh pasien yang membutuhkan.

Masalah seperti ini menurutnya harus segera dituntaskan, karena alat laboratorium yang dimiliki PMI sendiri masih kurang memadai agar memenuhi kecepatan kebutuhan darah dari pasien.

“Makannya kalau ada yang minta darah trombosit, kita selalu tanya kembali kepada pasien apakah mau menunggu selama enam jam lamanya,” pungkasnya.

(Cr1)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …