Warga Bandung Diimbau Tak Keluar Rumah

Pohon tumbang di Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) timpa dua mobil (Gumilang/Radar Bandung)

Pohon tumbang di Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) timpa dua mobil (Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Banyak pohon-pohon tua di kawasan Kota Bandung yang berpotensi tumbang. Angin kencang dan hujan deras menjadi penyebab pohon-pohon tua tersebut tumbang.


Pelaksana tugas Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), Iming Ahmadi mengatakan, hampir di semua daerah di Kota Bandung terdapat pohon-pohon besar dan berumur tua.

Menurutnya, pohon-pohon tersebut berpotensi tumbang ketika diterjang angin yang kencang.

“Bahkan ada pohon yang sudah berumur ratusan tahun,” ungkapnya, kepada Radar Bandung.

Menurut Iming, selain faktor usia, akar pohon-pohon tersebut tidak kokoh menahan pohon yang semakin besar juga menjadi penyebab lain dari tumbangnya pohon.

“Rata-rata pohon di Kota Bandung itu terutama yang di pinggir jalan kan sudah disemen bagian bawahnya, sudah bukan tanah lagi, jadi akar pohon tersebut tidak dapat menyebar ke dalam tanah agar membuat pohon tersebut tetap kokoh,” terangnya.

Iming menuturkan, setiap harinya, petugas DPKP3 Kota Bandung selalu melakukan tinjauan dan pantauan ke beberapa titik rawan pohon tumbang yang ada di Kota Bandung.

Para petugas tersebut bekerja sama dengan petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung melakukan pencegahan agar pohon yang sudah tua atau terlihat berpotensi tumbang itu tidak tumbang atau membahayakan keselamatan orang lain.

“Kita cek tiap pohon-pohon apakah berpotensi tumbang atau tidak, terutama pohon-pohon di pinggir jalan, dekat kabel listrik dan dekat lampu lalu-lintas juga,” tuturnya.

Laporan yang masuk padanya dari Damkar Kota Bandung pada Jumat (2/3), telah terjadi delapan peristiwa pohon tumbang sejak siang hari menuju sore hari, yakni di Jalan Moh Toha, Jalan Bawean, Jalan Jamuju (Lapangan Supratman), Jalan BKR, Jalan Ambon, Jalan Madura, Jalan Cisangkuy.

Kejadian pohon tumbang paling parah terjadi di Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau)
Yang menimpa dua mobil, Chevrolet Spin dan Toyota Calya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun ia menghimbau masyarakat agar tetap waspada terutama pada saat musim hujan saat ini.

Ia menyarankan jika terjadi hujan lebat dan angin kencang, baik pengendara roda dua atau roda empat agar menepikan kendaraannya.
Warga Bandung juga diminta agar tidak keluar rumah terlebih dahulu pada saat hujan lebat dan angin kencang.

“Bisa berteduh dahulu, rehat sejenak menunggu hujannya atau anginnya berhenti. Tapi jangan berhenti di dekat pohon besar juga, takutnya tumbang atau bagaimana ya kita juga tidak tahu tapi baiknya di tempat yang aman seperti halte, parkiran atau toko-toko pinggir jalan,” pungkasnya.

(Cr1)

Loading...

loading...

Feeds