Program Digital Amoeba PT Telkom Kian Tajam

Aplikasi Digital Amoeba (digitalamoeba.id) buatan Program Corporate Innovation Lab PT. Telekomunikasi Indonesia

Aplikasi Digital Amoeba (digitalamoeba.id) buatan Program Corporate Innovation Lab PT. Telekomunikasi Indonesia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Program Corporate Innovation Lab PT. Telekomunikasi Indonesia, yaitu Digital Amoeba (digitalamoeba.id) kian tajam setelah setahun berjalan.


Hal ini ditandai dengan mulai diserapnya produk aplikasi oleh unit kerja BUMN Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) tersebut.

Chief of Telkom Digital Innovation, Arief Mustain mengatakan, dari 60 rintisan usaha saat program Digital Amoeba dimulai Januari 2017, tersisa saat ini 17 yang siap beroperasi dan beberapa diantaranya sudah digunakan Telkom Group.

Rintisan yang masih bertahan antara lain Usight, SmartEye, Kiwari, Emago, Geekpro, Ketitik, Open Trip, Helio, KitaIna, Pometera, Pasarkoe, dan lainnya.

“Bagi kami, tidak ada istilah kegagalan dengan berkurangnya jumlah start up internal. Justru program ini membuka mata dan wawasan semua divisi tentang bagaimana membangun bisnis digital, bagaimana bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi jadi perusahan digital,” katanya di sela Digital Amoeba Fest 2018 di Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (28/2).

Sementara CEO Digital Amoeba, Fauzan Feisal menjelaskan, aplikasi yang sudah digunakan hasil dari Digital Amoeba antara lain adalah Zoomin yang sudah digunakan oleh 6-8 Wilayah Usaha Telekomunikasi (Witel), yakni aplikasi pemberian poin apresiasi pada teknisi Telkom yang memperbaiki sarana TIK kepada pelanggan.

Kemudian ada Arkademia, yakni aplikasi pembelajaran yang sudah digunakan Telkom Corporate University (Corpu) serta aplikasi Ketitik yang digunakan oleh Divisi Goverment Service PT. Telkom yang fokus pada layanan TIK pemerintahan.

Menurut Fauzan, produk rintisan Digital Amoeba siap bersinergi dengan Telkom Group maupun umum sekalipun tak seluruhnya dibuat dalam upaya membuat mesin keuntungan baru, tapi banyak juga yang bersifat menekan pengeluaran secara sistematis.

Fauzan mengatakan, secara proses, para pihak yang terlibat langsung atau tidak dalam Digital Amoeba ini menjadi tahu esensi bisnis digital.

Terutama tentang validasi ide, produk, dan owner, yang seluruhnya ini relatif baru dalam skema bisnis reguler PT Telkom.

“Semua jadi mengetahui arti penting sebuah layanan itu targetnya konsumer mau pakai atau tidak, produknya memenuhi kebutuhan pasar atau tidak, serta belajar bagaimana bermental seorang founder startup,” sambungnya.

Secara simultan, sambung dia, Divisi Human Capital Management (HCM) pun bisa dengan cepat mengetahui potensi sumber daya manusia yang bisa diandalkan sekaligus bisa bersinergi dengan unit lain dalam membesarkan bisnis digital.

Fauzan menambahkan, untuk tahapan startup Amoeba hampir mirip dengan program Indigo Telkom (Indigo.id) yaitu melalui customer validation, product validation, business model validation, dan market validation.

“Tapi ini masih kami review. Kami ingin prosesnya lebih lean (ramping, red). Misalnya baru 20 persen bisa langsung launching,” tuturnya.

Ke depannya, PT Telkom akan menyaring 15 startup terbaik hasil digital amoeba yang akan diberikan injeksi modal, proses inkubasi, bahkan tak menutup kemungkinan menjadi anak perusahaan tersendiri.

(peh)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …