DPRD Jabar Soroti Pembangunan Tol Cisumdawu

Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan monitoring progres pembangunan Tol Cisumdawu

Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan monitoring progres pembangunan Tol Cisumdawu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang diproyeksikan akan selesai 2018 terancam tertunda hingga 4 tahun ke depan.


Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady, saat melakukan monitoring progres pembangunan Tol Cisumdawu.

“Agak mengejutkan sedikit bagi Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, karena dulu ketika pertama dilantik sebetulnya dapat paparan hitungannya digandengkan selesai berbarengan dengan bandara Kertajati, dalam kenyataannya proyek tol cisumdawu di proyeksikan akan selesai pada tahun 2020-202,” kata Daddy usai melakukan monitoring pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, Selasa (20/2/2018).

“Ini artinya mundur 4 sampai 5 tahun dari perencanaan awal, artinya ada keterlambatan atau penundaan dari schedule awal,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Daddy menjelaskan, rencana awal pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini akan selesai bersamaan dengan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Namun akibat dari beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan membuat proyek pembangunan ini diperkirakan akan mundur hingga 4 sampai 5 tahun atau selesai pada tahun 2020-2021.

Selain adanya permasalahan terkait pengadaan lahan, faktor lain yang menjadi terlambatnya pengerjaan pembangunan tol ini adalah pada perubahan trase jalan.

Daddy mengatakan, adanya perubahan trase mengakibatkan adanya pergeseran lahan baru yang harus melalui proses perencanaan kembali.

“Problem yang ada di lapangan yang membuat molornya penyelesaian tol ini ialah masalah pengadaan lahan, serta faktor yg mempengaruhi keterlambatan ini ialah perubahan trase bagaimanapun perubahan trase terkait dengan pengadaan lahan, kalau trase bergeser pasti lahan bergeser pasti lahan baru lagi dan itu harus di reschedule,” ujar Daddy.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …