Awam Prakoso: Mendidik Anak Itu Tidak Mendadak

MENDONGENG: Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia saat mendongeng di acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

MENDONGENG: Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia saat mendongeng di acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Orang tua harusnya menyadari, bahwa dunia anak adalah dunia yang harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing orang tua. Sebab tidak ada anak yang bertumbuh kembang dengan sendirinya. Harus ada sentuhan orang tua sehingga anak bisa tumbuh kembang dengan baik.

Hal itu disampaikan Mochammad Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia di sela acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

”Mendidik anak itu tidak mendadak, dan yang mendadak itu tidak mendidik”, seloroh pria yang akrab dipanggil Kak Awam oleh anak-anak itu.

Awam menambahkan, saat ini banyak orang tua yang larut dalam aktifitas keseharian, sehingga mengabaikan aktifitas berkomunikasi dengan anak.

Padahal aktifitas mendongeng dinilai sangat efektif sebagai media komunikasi orang tua kepada anak. Dengan mendongeng secara face to face kepada anak, maka anak akan diajak menjelajahi alam imajinasi sehingga mencerna dan memaknai pesan moral yang disampaikan dalam dongeng menjadi lebih mudah bagi anak. ”Komunikasi persuasif dalam dongeng sangat efektif mengajak anak ke arahbyang lebih positif ”, imbuh laki-laki yang selalu tampil khas dengan kacamata dan topi pet nya itu.

Mendongeng tidak harus cerita legenda yang sarat makna. Tapi pengalaman sehari-hari pun bisa jadi menarik. Walaupun alur ceritanya sederhana tapi jika direkayasa secara imajinatif dan mendandung pesan moral maka akan menjadi dongeng yang menarik untuk anak.

loading...

Feeds

Dua Pendiri Instagram Mengundurkan Diri

Co Founder Facebook Inc  Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada …

Telkomsel Kembali Gelar IndonesiaNEXT di Jabar

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Dalam rangka menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT. Pada tahun ketiga …

Tiga Calon Sekda KBB Siap Bersaing

Panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengumumkan tiga peserta terbaik yang akan menduduki Jabatan Sekretaris …