Awam Prakoso: Mendidik Anak Itu Tidak Mendadak

MENDONGENG: Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia saat mendongeng di acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

MENDONGENG: Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia saat mendongeng di acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Orang tua harusnya menyadari, bahwa dunia anak adalah dunia yang harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing orang tua. Sebab tidak ada anak yang bertumbuh kembang dengan sendirinya. Harus ada sentuhan orang tua sehingga anak bisa tumbuh kembang dengan baik.


Hal itu disampaikan Mochammad Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongeng Indonesia di sela acara Pekan Ceria Kampung Dongeng Bandung Raya, di Audiotorium Museum Geologi Bandung, Minggu (25/2/2018).

”Mendidik anak itu tidak mendadak, dan yang mendadak itu tidak mendidik”, seloroh pria yang akrab dipanggil Kak Awam oleh anak-anak itu.

Awam menambahkan, saat ini banyak orang tua yang larut dalam aktifitas keseharian, sehingga mengabaikan aktifitas berkomunikasi dengan anak.

Padahal aktifitas mendongeng dinilai sangat efektif sebagai media komunikasi orang tua kepada anak. Dengan mendongeng secara face to face kepada anak, maka anak akan diajak menjelajahi alam imajinasi sehingga mencerna dan memaknai pesan moral yang disampaikan dalam dongeng menjadi lebih mudah bagi anak. ”Komunikasi persuasif dalam dongeng sangat efektif mengajak anak ke arahbyang lebih positif ”, imbuh laki-laki yang selalu tampil khas dengan kacamata dan topi pet nya itu.

Mendongeng tidak harus cerita legenda yang sarat makna. Tapi pengalaman sehari-hari pun bisa jadi menarik. Walaupun alur ceritanya sederhana tapi jika direkayasa secara imajinatif dan mendandung pesan moral maka akan menjadi dongeng yang menarik untuk anak.

Loading...

loading...

Feeds

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …

Dahana Kirim Mitra Binaan ke Dubai

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- PT Dahana (Persero) mengirimkan Hofland Coffee salah satu mitra binaannya ke pameran kopi Internasional yang berada di World …