Yossi Irianto dan Aries Supriatna Janjikan Benahi Layanan Kesehatan Kota Bandung

Pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto dan Aries Supriatna (Ramdhani/Radar Bandung).

Pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto dan Aries Supriatna (Ramdhani/Radar Bandung).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kesehatan bagi masyarakat miskin menjadi salah satu perhatian pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto dan Aries Supriatna.

Karenanya, pasangan ini mengusung program pembanguan Puskesmas dengan tempat perawatan (DTP) di setiap kelurahan.

“Puskesmas yang dibangun bukan puskesmas biasa, tapi yang memiliki fasilitas rawat inap,” ujar Aries Supriatna.

Aries menilai masalah kesehatan merupakan hak dasar setiap warga Kota Bandung. Ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai merupakan agenda prioritas pasangan dengan jargon Bandung Hebring ini.

Sebenarnya, lanjut Aries, fasilitas kesehatan di Kota Bandung sudah cukup bagus. Namun, kualitas fasilitas kesehatan maupun sebaran lokasinya belum merata.

“Hanya ada beberapa puskesmas saja yang memiliki fasilitas rawat inap. Akibatnya banyak rumah sakit yang selalu kewalahan menampung pasien,” kata paslon nomor urut 2 itu.

Padahal, bila puskesmas yang tersebar di Kota Bandung memiliki kualitas minimal setara rumah sakit tipe C, sambung Aries, maka jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit di Kota Bandung tidak akan terlalu membludak.

“Nanti yang sakit berat saja yang dirujuk dan dirawat ke rumah sakit. Kalau sakitnya tidak terlalu parah cukup dirawat di puskesmas karena nanti puskesmas kita memiliki kualitas dan fasilitas bagus,” kata mantan anggota Banggar DPRD Kota Bandung.

Selain membangun Puskesmas DTP baru dan meningkatkan kualitas puskesmas yang sudah ada, kata dia, yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kualitas tenaga medis dan fasilitas pendukungnya.

“Nanti di Puskesmas itu tak hanya ada dokter umum dan perawat. Tapi banyak dokter spesialis lain hingga bidan. Jadi ke depan warga itu cukup berobat ke Puskesmas karena semua dokternya lengkap dan dekat,” kata Aries.

Aries juga berjanji akan mempermudah pelayanan pasien terutama pasien dari keluarga miskin.

“Pokoknya kami akan rancang pelayanan terbaik dan tidak ribet. Jangan ada lagi pasien ditolak karena tak memiliki kartu BPJS. Semua harus dilayani dengan baik karena itu amanat undang-undang,” beber Aries.

Di samping itu, kepada warga Kota Bandung, Aries menitipkan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup.

“Pola dan gaya hidup sehat, juga tetap harus disosialisasikan. Karena kedua hal tersebut bisa menunjang masyarakat agar hidup sehat,” pungkasnya.

(mur)

loading...

Feeds

Dua Pendiri Instagram Mengundurkan Diri

Co Founder Facebook Inc  Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada …

Telkomsel Kembali Gelar IndonesiaNEXT di Jabar

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Dalam rangka menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT. Pada tahun ketiga …