Singgung Tiang Listrik, Abraham Samad Ajak Masyarakat Kasih Sanksi Sosial pada Koruptor

Abraham_Samad

Abraham_Samad

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015, Abraham Samad menceritakan pengalaman bagaimana sulitnya menjerat satu kasus korupsi di Indonesia.

Abraham Samad mengaku, selama menjabat sebagai Ketua KPK, sering dibuat bingung dengan tingkah para koruptor yang telah terbukti salah namun tetap saja melawan.

“Oleh karenanya di zaman yang telah cangih ini kita berikan sanksi yang paling efektif, yakni sanksi sosial. Dengan sanksi sosial, si koruptor akan kelimpungan. Toh ramai-ramai masyarakat memberi sanksi sosial kepada dia,” imbuhnya.

Abraham Samad berbicara dalam rangkaian roadshow-nya di Bandung. Kali ini, dia menyampaikan materi kepada para mahasiswa di Universitas Islam Bandung (Unisba), Selasa (13/2).

Menurutnya, integritas merupakan kunci negara ini untuk lepas dari jerat korupsi.

“Kenapa? Integritas dan harga diri yang dimiliki manusia akan menutup hasrat untuk melakukan korupsi,” tegas Abraham Samad.

Ia melanjutkan, tindakan korupsi di belahan dunia mana pun dilakukan oleh orang-orang yang punya pengetahuan di atas rata-rata. Dalam perspektif kriminologi, kejahatan ini umunya disebut white collar crime.

“Punya pengetahuan, punya power. Pas mau ditangkap, si pelaku bisa melakukan segala bentuk penghindaran. Misalnya pura-pura tabrak tiang listrik,” ucap AS disambut gemuruh tawa peserta seminar.

Abraham Samad mengaku, dia tidak mampu mengemban tugas dengan mudah jika tidak ada bantuan dari berbagai pihak

Menurutnya, kerjasama merupakan tolak ukur sebuah keberhasilan. Hal itu terbukti saat KPK mampu membongkar kasus korupsi Komunikasi Terpadu Kementerian Kehutanan yang dilakukan Anggoro Widjojo.

“Kita bekerjasama dengan Malaysian Anti Coruption Commision (MAAC) dan Corrupt Practices Inverstigation Bureau (CPIB) Singapura. Bersama-sama kita tangkap seorang koruptor,” sambungnya.

(cr4)

loading...

Feeds

Tips Hindari Jet Lag dari Ilmuwan

Para pelancong seringkali mengalami penerbangan jarak jauh yang sangat melelahkan tubuh. Tetapi menurut para ilmuwan dari Universitas Sydney yang bekerja …

Sandiaga Uno Kunjungi Pasar Cihapit

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kunjungi Pasar Cihapit, Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menilai ini merupakan pasar yang baik. Sandi …