Harga Sayuran di Cimahi Mulai Melambung

Petani sayuran saat melakukan aktivitasnya (FOTO: RAMDHANI/RADAR BANDUNG )

Petani sayuran saat melakukan aktivitasnya (FOTO: RAMDHANI/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com – Tingginya curah hujan sepekan ini berpengaruh terhadap pasokan sayuran di Kota Cimahi. Dengan berkurangnya pasokan, harga sejumlah sayuran pun mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan di Pasar Atas Barokah Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi, harga komoditas sayuran yang harganya naik di antaranya, Cabai merah tanjung, bawang merah, dan kentang.

Harga cabai merah tanjung saat ini mencapai Rp50 ribu perkilogram. Sebelumnya, Rp45 ribu. Untuk cabai merah biasa, kenaikannya cukup tinggi hingga mencapai Rp20 ribu. Saat ini cabai merah biasa Rp40 ribu perkilogram.

Bawang merah, asalnya Rp7.500 naik menjadi Rp15 ribu perkilogram. Kentang dari Rp15 ribu perkilogram, menjadi Rp 16 ribu perkilogram.

Menurut salah seorang pedagang sayurtan di Pasar Atas, Nana (64), jika memasuki musim hujan, pasokan dari petani terkadang berkurang karena, banyak area lahan yang tergenang air hujan dan membasahi sayuran.

Sehingga, daya tahan sayuran paling kuat hanya tiga hari.

“Jadi, hasil tanamnya mudah membusuk. Bahkan, bisa juga gagal panen,” ucapnya.

Selama ini ia menerima pasokan dari wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

Memasuki musim hujan ini, ia pun harus rela mengurangi jumlah barangnya dan pulang lebih awal karena, pengiriman sayuran menyusut hingga 30 persen.

“Harganya juga jelas mahal. Kadang mah bingung jualnya,” ungkapnya.

Minimnya pasokan tersebut, membuat pembeli cukup kerepotan dan tentu harus lebih pagi agar mendapatkan sayuran yang diperlukan.

“Saya kira tidak terjadi penurunan pasokan. Pas ke pasar, gak kebagian cabe,” ujar warga Cipageran itu.

Berkurangnya pasokan pun terjadi di Pasar Cimindi Jalan Mahar Martanegara. Rata-rata pedagang di pasar tersebut hanya menjual sebanyak 10 sampai 15 kilogram dari petani.

“Yang 5 kilo udah ada yang pesan, sisanya buat yang lain. Biasanya saya sedia cabai 20 sampai 25 kilogram,” ujar Yanti (46) pedagang di Pasar Cimindi.

(gat)

loading...

Feeds

Sandiaga Uno Kunjungi Pasar Cihapit

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kunjungi Pasar Cihapit, Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menilai ini merupakan pasar yang baik. Sandi …