Dampingi Mentan Andi, Wagub Demiz Panen Raya Padi Varietas Ciherang & Mekongga di Pameungpeuk

Panen raya padi si Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut

Panen raya padi si Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut

Untuk itu, Jawa Barat tahun ini akan menggenjot pembangunan infrastruktur waduk untuk peningkatan produksi pangan. Kata Wagub, ada tujuh waduk yang sedang dan akan dikerjakan pada tahun ini.


Selain itu, ada jua waduk yang dibangun untuk menanggulangi banjir dan persediaan air baku. Ketujuh waduk itu, ada di Sukamahi dan Ciawi (Bogor), Sadawarna, Cipanas (Subang-Sumedang), Matenggeng (Ciamis-Cilacap), Leuwi Keris (Ciamis-Tasikmalaya), dan Kuningan.

“Sukamahi dan Ciawi ini untuk buffer Jakarta, air baku, selain buat irigasi, dan PLTA. Pembebasan sudah selesai. Kemudian Sadawarna, antara Subang dengan Sumedang, ada juga Waduk Cipanas. Jadi di Sumedang ada tiga (waduk), Jatigede, Sadawarna, Cipanas. Kemudian Matenggeng, antara Ciamis dan Cilacap, ada juga Leuwi Keris antara Ciamis dan Tasikmalaya. Kemudian ada satu lagi proyek Waduk Kuningan,” papar Wagub.

“Sementara kita tahu, bahwa Cirebon Raya pasokan air bersihnya juga belum tercukupi. Ini (Waduk Kuningan) barang kali, salah satu tempat air baku untuk pasokan air bersih ke Cirebon Raya. Ada empat mininal fungsi utama dari waduk-waduk ini, yaitu irigasi, PLTA, mengendalikan banjir, dan pariwisata. Tujuh (waduk) kita bangun tahun ini mulainya. Kalau ngga beres, waduh… Kita harus jadi lumbung pangan terbaik,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Mentan didampingi Wagub menyerahkan beberapa bantuan. Diantaranya bantuan benih dan klaim asuransi dari Jasindo untuk petani yang mengalami kekeringan dan peternak yang sapinya mati.

“Ini pertama dalam sejarah, ada petani yang kekeringan dan peternak yang sapinya mati dapat asuransi,” tutur Mentan.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …