Asyik, Ada Taman Baru Nih di Bandung

Taman Alun-Alun Regol, di Jalan Pasirluyu Selatan, Bandung. Foto: Mur/Radar Bandung

Taman Alun-Alun Regol, di Jalan Pasirluyu Selatan, Bandung. Foto: Mur/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebelum cuti pilkada pada 12 Februari, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil reskiman Taman Alun-Alun Regol, di Jalan Pasirluyu Selatan, Bandung.


“Alhamdulillah sesaui dengan target, hari ini sudah meresmikan taman ini,” ujar Ridwan Kamil, Rabu (7/2).

Letak taman persis di sebelah anak sungai Cikapundung, sehingga merupakan salah satu program revitalisasi bantaran sungai Cikapundung.

Lelaki yang akrab disapa Emil itu mengatakan, pihaknya akan memperbanyak taman di bantaran sungai Cikapundung untuk menjaga agar sungai lebih bersih.

“Ini adalah komitmen kita menjaga, agar sungai tetap bersih, sesuai program Citarum Bersih,” tegasnya.

Untuk membersihkan sungai, saat ini Kota Bandung memiliki 12 eskavator yang bisa digunakan mengeruk sampah. Juga ada 3 ribu petugas kebersihan
yang setengahnya selalu turun ke sungai.

Kemudian ada program ambil sampah besar dari PD Kebersihan setiap hari Jumat seperti sampah lemari, sofa, kasur apapun, sehingga sungai menjadi bersih, Citarum bersih.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan, panjang sungai Cikapundung yang direvitalisasi sepanjang 1500 meter, dengan alokasi dana dari APBD Rp20 milyar dan dari BBWS Rp5 milyar.

“Dana APBD untuk membiayai pengadaan plasa, street forniture, lampu jalan dan taman, toilet, dan pos jaga,” terangnya.

Secara umum, pengelola taman di sini dilakukanoleh warga sekitar yang tergabung dalam paguyuban masyarakat kecamatan regol (Pamacan).

“Mereka bisa mengkoordinir lahan parkir, tapi tetap harus koordinasi dengan Dishub,” katanya.

Dari Dinas PU sendiri, baru tahun depan ada dana untuk pemeliharaan. Dana tersebut, untuk perbaikan jika ada yang rusak, dan untuk membayar listrik.

“Kita masih belum tahu, dalam satu bulan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membayar listrik. Selain itu, untuk sementaa pemeliharaan masih tanggungjawab pengembang,” pungkas Arief.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …