Gerhana Supermoon Tak Sebahaya Gerhana Matahari. Mengapa?

Super Blue Blood Moon beberapa menit sebelum totalitas. Foto diambil oleh Tim LAPAN Garut

Super Blue Blood Moon beberapa menit sebelum totalitas. Foto diambil oleh Tim LAPAN Garut

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dampak dari fenomena langka gerhana super (super blue blood moon) cuma pasang surut-naik air laut saja.


Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya menghimbau masyarakat dapat melihat atau mengamati fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan.

Menurutnya,  fenomena Super Blue Blood Moon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total, terjadi ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

Berbeda dengan gerhana matahari di mana posisi matahari terhalang oleh bulan, sehingga efeknya lebih kuat daripada gerana bulan, gerhana matahari terkadang berpotensi membahayakan mata.

“Fenomena ini aman, tidak seperti gerhana matahari,” kata Tony saat ditemui Radar Bandung (grup pojokbandung)di Kantor Statsiun Geofisika Bandung, Jalan Cemara, Kota Bandung, Rabu (31/1).

Ia menjelaskan, pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

“Kita amati langsung dari Statsiun Geofisika Bandung,” jelasnya.

Meskipun fenomena ini merupakan fenomena langka, Ia berharap masyarakat tetap mewaspadai tinggi pasang maksimun hingga mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi bulan dengan matahari.

Fenomena ini pun juga dapat mengakibatkan surut minimum mencapai 100-110 cm yang terjadi pada 30 Januari-1 Februari 2018 di Pesisir: Sumatera Utara, Barat, Sumatera Barat, Selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Ia menegaskan bahwa tinggi pasang maksimum ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

“Untuk daerah Jawa Barat, harap berwaspada untuk kawasan pantai selatan khususnya,” harapnya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …