Mengapa Lampu Merah di Pertigaan Jalan Sangkuriang Mati?

Traffic light di Jalan Sangkuriang Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Traffic light di Jalan Sangkuriang Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Sejauh ini mungkin masyarakat Cimahi ataupun warga lainnya yang melintas di pertigaan jalan Sangkuriang Kota Cimahi, belum mengetahui mengapa lampu lalu lintas (traffic light) di pertigaan jalan tersebut mati.


Dinonaktifkannya lampu penanda tersebut untuk menyesuaikan kepadatan arus lalu lintas di kawasan padat kendaraan. Terlebih, jalan tersebut merupakan jalan aktif arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan, penonaktifan lampu lalu lintas di kawasan itu dilakukan untuk memperlancar laju kendaraan roda dua maupun roda empat yang melewati daerah tersebut.

Selain itu, sarana dan prasarana lalu lintas dikawasan tersebut kurang lengkap.

“Sudah setahun lebih, dan ini sengaja kami nonaktifkan karena sarana dan prasarana lalu lintasnya kurang lengkap,” ujarnya.

Ia menambahkan, di kawasan tersebut tidak ada batas ruang atau marka untuk pengendara sepeda motor berhenti ketika lampu lalu lintas menyala.

“Ini bisa menyebabkan kemacetan karena pengguna sepeda motor akan berhenti pada posisi yang tidak tepat,” terangnya.

Karena jalanya kurang lebar, lanjut Suharto, bisa mengganggu pengendara yang hendak berbelok dari arah jalan Amir Machmud ke Jalan Sangkuriang. Sehingga, akan terjadi penumpukan kendaraan.

“Kalau lampu merah di kawasan mau diaktifkan lagi, harus dilengkapi sarana dan prasarana agar pengendara tidak melanggar aturan ketika berhenti.

“Harus ada marka batas berhenti pengendara dan ada zebra cross untuk orang yang hendak menyebrang. Dengan begitu, arus lalu lintas bisa terkendali,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …