Sebelum Turun ke Lapangan, Begini Pusdikpom Latih Siswa Polisi Militer

Pusdikpom melaksanakan praktik umum kecabangan dan latihan teknis bagi para siswa yang akan turun ke lapangan. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Pusdikpom melaksanakan praktik umum kecabangan dan latihan teknis bagi para siswa yang akan turun ke lapangan. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom), melaksanakan praktik umum kecabangan dan latihan teknis bagi para siswa yang akan turun ke lapangan.


Komandan Satuan Pendidikan Perwira (Dansatdikpa) Pusdikpom Kodiklat TNI AD, Letkol CPM Ashariarto mengatakan, praktik tersebut dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme institusi dan pribadi dari individu anggota.

Selain itu, sebagai bahan evaluasi kesiapan Polisi Militer sebelum terjun ke lapangan.

“Sehingga, mereka nantinya tidak salah dalam melakukan setiap tindakan,” kata Ashariarto, di Pusdikpom Jalan MHS. Mintaredja Baros Kota Cimahi, Minggu (28/1).

Menurutnya, dalam mendukung tugas rutin dari Polisi Militer (PM), para perwira PM juga harus dibekali dengan pengaplikasian Ilmu Teknologi (IT). Saat ini pihaknya terus berupaya mengembangkan ‘local house web server’.

“Local house web server ini untuk meminimalisir ketergantungan terhadap koneksi internet. Sebab, internet tidak selamanya lancar. Ini harus jadi pembuktian bahwa, anggota kami melek teknologi,” tegasnya.

Para perwira yang mengikuti Pendidikan Pembentukan Khusus (Diktupasus) Pusdikpom tersebut, tidak hanya mendapatkan pembelajaran mengenai IT saja. Mereka mendapatkan ilmu terkait sosial di lapangan.

Bahkan, mereka pun dilatih cara melakukan penangkapan terhadap oknum TNI yang melakukan tindakan tidak terpuji.

“Kita lakukan simulasi penangkapan terhadap oknum anggota TNI yang melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat umum,” terangnya.

Menurutnya, sejauh ini masyarakat memiliki keraguan dalam mengambil tindakan ketika, menemukan ada oknum TNI yang melakukan tindakan kekerasan atau tindakan melanggar hukum lainnya, baik itu pada warga sipil maupun anggota penegak hukum lainnya.

Selain itu, ada pula masyarakat yang masih salah tempat saat mengambil langkah untuk melaporkan oknum TNI jika, melakukan penganiayaan atau jenis pelanggaran lainnya.

“Biasanya mereka melapor ke kodim atau koramil. Padahal, seharusnya laporan di tujukan pada PM terdekat selaku penegak hukum di kalangan Militer,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan mekanisme pelaporannya. Laporan masyarakat, nantinya akan diterima petugas piket Sub Denpom, Detasemen Polisi Militer atau Pomdam. Setelah itu, laporan tindakan oknum TNI akan didata dan dibuatkan register agar berkas laporannya tidak hilang.

“Jadi, laporannya akan terus ditindaklanjuti,” jelasnya.

Tugas utama POM, lanjutnya, hanya melakukan penindakan pada anggota TNI saja. Akan tetapi, bila tindak kejahatan itu tertangkap tangan, baik sipil maupun anggota TNI tentunya akan langsung ditindaklanjuti.

“Kalau anggota TNI kami sendiri yang tangani, kalau sipil nantinya kita serahkan pihak yan berwenang,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …