Biar Lebih Disiplin, Guru di Cimahi Wajib Absen Sidik Jari

Guru Indonesia. Foto: IST

Guru Indonesia. Foto: IST

POJOKBANDUNG.com – Untuk meningkatkan kedisiplinan di lingkungan pendidikan, para guru di Cimahi wajib melakukan absensi sidik jari (fingerprint).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, mengatakan, absensi dengan sistem sidik jari mulai berlaku 2018. Untuk ketentuan absensi berlaku datang dan pulang.

“Kalau masuk pukul 07.00 wib maka, pulang pukul 15.00 WIB. Patokan kehadiran guru di sekolah minimal 37,5 jam tatap muka. Sedangkan pemenuhan syarat sertifikasi minimal 24 jam mengajar per minggu,” terangnya.

Dia melanjutkan, penerapan absensi sidik jari tersebut merupakan upaya merubah pola kerja yang transparan dan diyakini bakal meningkatkan disiplin yang lebih dari sebelumnya.

“Dengan kedisiplinan, saya yakin pendidikan di Cimahi akan mengalami peningkatan,” kata Dikdik, kemarin.

Dia menyebutkan, dalam sebulan ini abasensi fingerprint sedang dalam tahap uji coba. Namun untuk alatnya sudah mulai dipasang ditiap sekolah. Selain itu, perlu kebijaksanaan dalam implementasi absensi sidik jari tersebut.

“Saya yakin seiring waktu guru di Cimahi bisa beradaptasi dengan sistem seperti ini,” ucapnya.

Meski penerapan sistem absensi fingerprint sudah mulai dilaksanakan, namun untuk sanksi sejauh ini Disdik belum membuatkan aturannya.

“Ini kan baru uji coba. Masalah sanksi dan sebagainya nanti akan dibicarakan lagi,” ucapnya.

Akan tetapi, kata dia, aturan bagi guru mestinya sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya. Sehingga, ketika tidak melaksanakan kewajibannya akan ada pemotongan tunjangan atau lainnya yang sesuai dengan kesalahanya.

“Sebagai komitmen meningkatkan mutu pendidikan di Kota Cimahi, apabila hal itui perlu dilakukan, maka tidak bisa ditawar lagi,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …