Pengunjung Kian Sepi, Pasar Cimindi Perlu Dimodernisasi

Penjualan ikan asin di pasar Cimindi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Penjualan ikan asin di pasar Cimindi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBNDUNG.com – Sepinya pengunjung di Pasar Tradisional Cimindi sangat dirasakan oleh pedagang. Tentunya, hal tersebut berpengaruh terhadap omset yang didapat pedagang.

Pasar yang berlokasi di Jalan Mahar Martanegara itu, memilki 276 kios dengan dua lantai.

Namun, dengan kondisi bangunan yang terbilang kuno akibat tidak adanya pembangunan yang sinifikan dari Pemerintah Kota Cimahi, pasar yang berdiri sejak tahun 1993 itu jauh tertinggal oleh pasar-pasar di daera lain. Pasar tersebut pun kini mulai ditinggal oleh pengunjungnya.

Ketua Forum Pedagang Pasar Cimindi (FPPC), Mumuh (44) mengatakan, menurunya pengunjung di Pasar Cimindi dirasakan sejak tahun 2014 – 2015 lalu. Sehingga, berpengaruh terhadap penghasilan.

“Pendapatan jelas berkurang. Apalagi sekarang, barang banyak yang harganya naik,” kata Mumuh, saat ditemui di Pasar Cimindi.

Mewakili pedagang lainnya, ia pun saat ini tengah berada dalam situasi kritis. Terlebih, hak guna bangunan di pasar tersebut akan segera habis di tahun 2019 mendatang.

Dengan begitu, apabila bangunan pasar tidak dimoderenisasi maka, pengunjung akan lebih memilih pasar yang lebih layak ketimbang datang ke Pasar Cimindi.

“Dulu kontraknya 25 tahun sama pihak ketiga. Saya khawatir semakin ke depan semakin sepi pengunjungnya,” ucapnya.

Selain bangunan yang kuno, sabab musabab dari penurunan pengunjung ke Pasar Cimindi, kata dia, dikarenakan akses pintu masuk serta lahan parkir yang tidak memadai.

“Pembangunannya hanya sedikit-sedikit. Padahal kalau disekaliguskan akan lebih baik,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah yang saat ini sedang membangun atap untuk Pasar Cimindi.

Meski sempat melenceng dari target awal yang akan rampung 2017 akhir, saat ini, progres pembangunan atap di Pasar mencapai 90 persen. Pembangunan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 800 juta.

(gat)

 

loading...

Feeds

Agnez Mo Makin Intim dengan Kekasih

 Agnez Mo masih saja enggan berbagi tentang kisah asmaranya dengan Jeffrey J Kopchia. Pelantun Coke Bottle itu tak jua mengunggah foto …