Diajak Makan Siang Bersama Mang Oded, PNS Pemkot Bandung Keluhkan Ketimpangan Tugas

PNS Pemkot Bandung makan siang bersama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto: Mur/Radar Bandung

PNS Pemkot Bandung makan siang bersama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto: Mur/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekali dalam seminggu selama empat tahun kepemimpinannya bersama Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Bandung, Oded M.Danial undang PNS di lingkungan Pemkot Bandung untuk makan siang bersama.


Demikian halnya pada hari Rabu (3/1/2017), Mang Oded bersama 10 orang PNS di lingkungan Pemkot Bandung, hadir dalam satu ruangan yang sama, yaitu di ruang makan Wakil Wali Kota Bandung Jalan Wastukancana No 2 Bandung.

Oded nampak duduk di ujung, memimpin acara makan siang tersebut. Duduk di sebelah kirinya lima orang PNS wanita yang mengenakan baju kebaya.

Sementara di sebelah kanannya, lima orang PNS laki-laki yang mengenakan baju pangsi hitam-hitam, khas budaya sunda.

Sebagaimana diketahui, di Kota Bandung ada program Rabu “nyunda”, di mana PNS se-Kota Bandung wajib mengenakan baju adat sunda saat bertugas.

Acara dimulai sekitar pukul 12.15 WIB, dimulai dengan perkenalan masing-masing PNS.

Sepuluh orang PNS tersebut berasal dari berbagai SKPD, dengan berbagai jabatan dan golongan.

Kepada stafnya, Oded menceritakan sekelumit perjalanan hidupnya, dimulai dari lahir, sampai sebelum menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung.

“Mang Oded (sapaan akrab Oded M.Danial,red) sebenarnya lahir di Tasik tahun 62. Baru pada tahun 83, pindah ke Bandung. Jadi kalau dihitung-hitung sudah 32 tahun tinggal di Kota Bandung,” singkatnya.

Oded mengaku memiliki dua orang istri. Istri yang pertama meninggal. Kini ia bersama istri keduanya.

Acara makan siang sendiri dimulai sekitar pukul12.30 WIB. Para tamu beserta Oded, menyantap hidangan yang tersaji di meja makan: nasi putih, kerupuk aci, sambal, gepuk daging sapi, satu piring sambal goreng kentang, dan soto Bandung.

Di sela-sela santap siang, terjadi percakapan ringan, diselingi selfie ria PNS perempuan.

Dari pembicaraan dengan stafnya, Oded mendengarkan keluhan. Salah satunya tentang kinerja PNS yang dikeluhkan tidak merata.

Oded juga menerima keluhan ada kepala dinas yang dianggap arogan oleh stafnya. Acara seperti ini, memang dijadikan Oded sebagai ajang silaturahim dengan stafnya.

“Kalau ada keluhan, Mang Oded langsung memberikan teguran kepada atasannya,” tambahnya.

Kepada stafnya, Oded mengingatkan untuk menjadi individu yang bisa bersyukur. Dengan bersyukur bisa menghindarkan manusia dari penyakit hati.

“Dengan bersyukur kita bisa terhindar dari rasa tamak, yang tidak akan mudah puas atas apa yang kita miliki,” katanya.

Oded juga mengingatkan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga. Karena hakekatnya tugas PNS adalah sebagai pelayan masyarakat.

Makan siang usai sekitar pukul 12.45 WIB ditutup foto bersama. Sri Handayani (39), salah seorang staf dari Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, mengaku bangga diundang makan siang oleh Oded.

Sri mengaku tidak menyangka mendapat kesempatan tersebut. “Saya kan cuman pegawai biasa. Tadinya saya pikir hanya makan siang biasa, ternyata dengan Pak Wakil,” katanya berseri-seri.

Mantan honorer Pemprov Jabar tersebut menjadi PNS Kota Bandung sejak 2005. Ia menuturkan, dulu sangat mengharapkan menjadi PNS. Namun setelah menjadi PNS, ada juga yang ia keluhkan.

“Dulu, sebelum jadi PNS, rasanya ingin segera jadi PNS. Sekarang sudah jadi PNS, sebenarnya bangga, tapi menurut saya pribadi ada ketimpangan tugas. Ada yang santai ya nampak santai, yang sibuk ya sibuk,” katanya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …