Lagi Nyapu, Sudrajat Malah Temukan Granat Nanas

Lokasi temuan granat di Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Lokasi temuan granat di Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Temuan bom jenis granat nanas di Komplek Bukit Jatinunggal Shangyang Pancanaka Hills RT 05/04 Kecamatan Cimahi Selatan, membuat warga setempat merasa was-was. Terlebih temuan itu tak jauh dari pemukiman.


Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, muncul isu bahwa lokasi penemuan granat merupakan bekas tempat latihan militer beberapa tahun silam. Sehinga, sejumlah warga pun berasumsi granat tersebut adalah sisa-sisa peninggalan militer.

Awal mula granat tersebut ditemukan, saat salah seorang warga sedang membersihkan jalan menuju lahan garapannya sekitar pukul 9.00 Wib.

Sudrajat (56), orang yang pertama kali menemukan, mengatakan saat itu ia berniat membersihkan tumpukan daun bambu yang menutupi jalan setapak agar, akses jalan menuju tempatnya bekerja bisa terlihat.

“Saya lagi nyapu gak taunya ada benda kaya batu. Pas diambil mau dibuang, saya heran kok batunya berkarat,” kata Sudrajat, di lokasi kejadian, Selasa (2/1/2017)

Akan tetapi, rasa penasaran Sudrajat terhadap temuanya tak berhenti sampai di situ. Ia segera membersihkan benda aneh yang baru pertama kali dilihatnya itu.

Setelah dicermati, ia baru sadar bahwa yang ada dalam genggamannya itu adalah granat.

“Jelas saya kaget karena, yang saya pegang itu ternyata granat. Saya langsung laporkan ke Polsek Cimahi Selatan,” ujarnya.

Mendapat laporan dari warga, anggota Polsek Cimahi Selatan langsung mendatangi lokasi kejadian untuk memastikan temuan warga tersebut.

Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Rukun Iman, mengatakan, pihaknya membenarkan adanya temuan bom genggam jenis granat di wilayah hukumnya.

“Setelah di cek ke lokasi kejadian, ternyata betul ada penemuan granat di dekat pemukiman warga,” kata Rukun Iman, saat dihubungi Radar Bandung, Selasa (2/1).

Polisi pun langsung memasang garis berwarna kuning hitam yang digunakan sebagai pembatas sterilisasi lokasi untuk, mencegah apabila terjadi ledakan tidak melukai warga. Seketika itu pula, warga yang berkerumun menjauh dari lokasi.

Untuk memastikan apakah granat tersebut masih aktif atau tidak, lanjut dia, pihaknya melakukan koordinasi dengan tim Penjinak Bom (Jibom) Polda Jawa Barat. Setelah dilakukan pemeriksaan, akhirnya tim Jibom membawa granat tersebut agar bisa dipastikan.

“Kami belum bisa memastikan apakah granat itu aktif atau tidak. karena pihak Jibom yang punya kewenangan,” tuturnya.

Menurutnya, granat tersebut sudah lama terkubur didalam tanah namun baru ditemukan sekarang. Terlebih, jika dilihat dari kondisinya, granat tersebut sudah berkarat.

“Kemungkinan granat itu peninggalan jaman dahulu,” katanya.

Ia pun mengimbau kepada warga, agar tidak was-was dan tetap tenang. Sebab, pihaknya akan membantu apabila dikemudian hari ditemukan hal serupa.

“Silahkan lapor kepada polisi, dan tentunya akan segera ditindak lanjuti,” pungkasnya.

(gat)‎

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …