Aher : Tahun Baru, Momentum Refleksi Diri

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pergantian tahun merupakan momen yang harus dimanfaatkan untuk muhasabah diri. Lalu, langkah selanjurnya adalah meniatkan diri untuk menjalani hidup dengan lebih baik lagi.


Hal itu disampaikan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan saat memberikan tausiah di acara muhasabah yang di gelar di Pusdai, Minggu (31/12).

“Tahun baru itu evaluasi apa yang kita tinggalkan,” ujar Ahmad Heryawan.

Resolusi untuk menghadapi tahun selanjutnya sangat penting sebagai motivasi untuk berkarya dan menjalani hidup lebih bermakna.

“Setiap orang harus punya fokus resolusi yang ingin diwujudkan pada  2018 apa,” katanya.

Dengan adaya cita-cita, maka ketika ada halangan yang menghadang, bisa dilalui dengan baik. Pria yang akrab disapa Aher ini pun mengingatkan anak muda untuk tidak kalah dengan rintangan hidup.

Aher menilai, saat ini memang berat tantangannya untuk menghadirkan moralitas. Di era digital, kebaikan dan keburukan datang beriringan. Untuk itu, penguatan keilmuan dan memilah informasi dengan benar harus terus dilakukan agar tidak terprovokasi. Karena, hal itu bisa memicu terbelahnya persatuan.

Lebih lanjut, saat ini, kata dia, agama islam sudah banyak pemeluknya. Kondisi ini, berbeda dengan saat rasul wafat, pemeluk islam hanya satu per mill. Jadi, masih sedikit. Tapi sekarang sudah 22 persen

“Bahkan, peneliti menyebutkan pada 2025 paling lambat 2030 islam akan mendominasi di dunia,” katanya.

Aher berpesan, pada siapa pun agar tak khawatir  dengan islam. Karena, islam mengajarkan kebaikan.  Jadi, jangan ragu semua masyarkat dunia dengan kaum muslimin. Islam itu, tak mengajarkan kedzoliman.

“Saat ini seakan islam ditakuti. Padahal, agama islam punya dua makna yakni keindahan dan makna cinta yang mendalam. Cinta itu inti agama ini. Puncak cinta adalah penghambaan pada Allah,” tukasnya.

Dari pantauan, lebih dari 5 ribu jamaah hadir di Masjid Pusdai. Selain Aher, KH Athian Ali pun didapuk menjadi penceramah.

Ketua Panitia Muhasabah Akhir Tahun, Yusuf Supriatna, mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan dan diharapkan bisa menjadi alternatif masyarakat dalam menyambut tahun baru.

“Kegiatan muhasabah ini mengajak masyarakat untuk merenung dan merefleksikan diri atas apa yang telah dilakukan. Sehingga, diharapkan bisa menjadikan diri lebih baik di masa mendatang,” pungkasnya.

 

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …