Delapan Bulan Diperbaiki, Jembatan Cipamingkis Resmi Digunakan Lagi

Peresmian Jembatan Cipamingkis Bogor

Peresmian Jembatan Cipamingkis Bogor

POJOKBANDUNG.com – Pada April 2017 Jembatan Cipamingkis di ruas jalan provinsi Cileungsi-Cibebet Km. Jkt. 70+800 anjlok. Delapan bulan berselang, tepatnya Rabu (27/12/17) jembatan ini selesai diperbaiki dan sudah bisa digunakan kembali.


Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan penggunaan kembali jembatan tersebut di Jembatan Cipamingkis, Jalan Jagaita, Sirnagalih, Jonggol, Kabupaten Bogor.

Perbaikan ini menghabiskan anggaran Rp 11 Miliar, dengan rincian Rp 4 Miliar lebih berasal dari Pemerintah Pusat dan Rp 7 Miliar anggaran Pemprov Jawa Barat.
“Biaya perbaikan jembatan ini mahal sekali. Jadi, biaya pembangunan itu mahal. Saya ingin jalan jembatan yang mahal ini mari kita rawat bersama-sama,” ajak Aher kepada ratusan warga yang turut hadir dalam acara peresmian.

Anggaran Pemprov Jawa Barat yang ada sebenarnya akan digunakan untuk menormalisasi badan sungai.

Namun anggaran ini juga tak cukup untuk memperbaiki jematan secara keseluruhan. Akhirnya, Pemprov Jawa Barat pun berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk bekerjasama mendanai perbaikan jembatan tersebut.

Perbaikan jembatan ini merupakan perbaikan tahap pertama dari tiga tahap yang akan dilakukan. Tahap kedua akan dilakukan penguatan tiang salah satu ujung jembatan dan tahap ketiga akan dilakukan normalisasi atau perbaikan aliran sungai di bawahnya tahun depah.

Aher pun menyampaikan apresiasi langkah cepat semua pihak, khususnya Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Jawa Barat telah bisa menyelesaikan perbaikan Jembatan Cipamingkis.

“Tapi seluruh persoalan pokok sudah selesai di tahun 2017. Kita sangat bersyukur karena kita tidak membayangkan bisa selesai di 2017. Tapi berkat kesigapan teman-teman (Dinas) Bina Marga (Jawa Barat) membuat koordinasi dengan (Pemerintah) Pusat dan perhatian (Pemerintah) Pusat kepada jembatan ini, sehingga bisa selesai pada anggaran tahun sedang berjalan,” papar Aher.

“Dimana kerusakan terjadi pada April 2017 dan bisa selesai, bisa normal kembali dilewati dengan kendaraan dan bisa dilalui masyarakat pada Desember 2017. Jadi, delapan bulan kemudian bisa selesai,” lanjutnya.

Ke depan, Aher juga meminta kesadaran semua pihak untuk merawat jembatan tersebut. Kendaraan besar bertonase lebih dihimbau tidak melintasi jembatan sepanjang 60 meter tersebut.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …