Yang Baru di Bandung. Dikira Pak Polisi, Ternyata Cuma Patung

Patung polisi lalu lintas di perempatan CIkapayang, Kota Bandung. Foto: Gumilang/Radar Bandung

Patung polisi lalu lintas di perempatan CIkapayang, Kota Bandung. Foto: Gumilang/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Para pengendara kendaraan yang melintas di sekitaran perempatan Cikapayang, Bandung, terkejut melihat sosok seorang petugas Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang berdiri tegap tanpa bergerak sedikit pun mengawasi kondisi lalu lintas.


Ternyata sosok petugas polisi tersebut hanyalah patung yang dibuat menyerupai petugas Polantas. Ini sebagai salah satu cara untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2018.

Patung yang menyerupai polisi tersebut dipajang selama Operasi Lilin Lodaya 2017. Patung itu berdiri sejak Jumat (22/17/2017) malam.

Patung polisi lalu lintas di perempatan CIkapayang, Kota Bandung. Foto: Gumilang/Radar Bandung

Pantauan Radar Bandung (grup pojokbandung.com), patung polisi yang didesain menyerupai petugas Polantas ini, terbuat dari bahan dasar plastik.

Patung memiliki postur rata-rata tinggi yang sama dengan manusia, dengan tinggi sekitar 175 cm, berpakaian lengkap seragam kepolisian, dengan rompi berwarna hijau khas Polantas, lengkap dengan topi kepolisian dikepalanya seperti Polantas yang biasa bertugas mengatur lalu lintas.

Beberapa pengendara kendaraan yang melihat patung tersebut awalnya tampak terkejut dan terheran-heran. Indra Kurniawan (22), seorang pengendara bermotor mengatakan, mengaku heran mengapa polisi tersebut terlihat begitu kuatnya menahan posisi tanpa bergerak sedikit pun.

“Pas dilihat dari dekat, ternyata hanya patung,” ungkap Indra saat ditemui Radar Bandung di sekitaran perempatan Cikapayang, Kota Bandung.

Menurutnya, patung tersebut terlihat keren dan kreatif, serta dapat pula dijadikan simbol peneggakan aturan berlalu lintas.

“Bisa bikin pengguna jalan segan lihat ada polisi siaga 24 jam di tempat yang sama,” katanya.

Lanjutnya, ia berharap dengan kehadiran patung polisi tersebut, polisi yang asi jangan mau kalah kinerjanya.

“Jangan sampai nanti malah yang bertugas di lapangan patung terus, bukan polisi asli,” terang Indra.

Hal serupa dikatakan Ibnu Malik (22), seorang pengendara bermotor lainnya. Menurutnya, jika sudah ada patung polisi, dikhawatirkan polisi yang aslinya akan berleha-leha dalam bertugas.

“Kalau untuk dikira ada polisi, untuk apa ada pos polisi di sana? Takutnya polisinya gak kerja, cuman diem di pos aja,” tegas Ibnu.

Klemens Alviyanto (21), seorang pengendara bermotor lainnya juga mempertanyakan manfaat patung polisi tersebut. Ia mengira jika patung polisi tersebut hanya untuk menakut-nakuti pengendara di jalanan untuk tertib berlalu lintas.

“Kenapa harus pake patung? Bukan pake polisi lalu lintas yang asli saja yang lebih giat lagi mengatur lalu lintas di jalanan,” imbuhnya.

Dijumpai wartawan, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Bandung, Agung Reza P mengatakan, patung tersebut berasal dari PT. Jasa Raharja (Persero) dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polisi Republik Indonesia (Polri).

Agung menjelaskan, jika malam hari, beberapa bagian dari patung tersebut akan digerakkan dan di bagian tangannya akan ditempelkan alat penerangan (senter) berwarna merah dan bagian tangan akan bergerak.

“Patung itu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat khususnya pengendara untuk tetap berhati-hati,” ungkapnya.

Di samping itu, Kurnia, seorang petugas Polantas yang sedang bertugas di sekitaran perempatan Cikapayang, Kota Bandung mengatakan, penempatan patung polisi tersebut harapannya bisa ditambahkan di beberapa titik vital arus lalu lintas yang ada di Bandung.

“Sejauh ini, baru tiga patung polisi yang ditempatkan di lapangan. Perempatan Cikapayang di bawah jembatan Pasupati, perempatan Suryasumantri, Pasteur dan dalam waktu dekat akan ditempatkan di sekitaran Jalan Asia-Afrika,” pungkasnya.

(Cr1/Radar Bandung)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …