Full Day School Jadi Ancaman buat Madrasah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Minat masyarakat terhadap 12.780 madrasah diniyah dan Taman Pendidikan Quran (TPQ) dikhawatirkan hilang terkait program Full Day School (FDS) yang digagas Menteri Pendidikan Nasional Mujahir Effendi.


Hal itu menjadi salah satu fokus  pembahasan dalam Dialog Empat Pilar Kebangsaan, di Hotel Zamrud Kota Cirebon, Rabu (20/12/2017). Dalam dialog itu, hadir sebagai pembicara, anggota MPR RI Syaifullah Tamliha dan Muhammad Sodik.

Muhammad Sodik mengatakan, kebijakan program Full Day School harus dikaji kembali secara komprehensif sebelum dipatenkan menjadi sistem pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, meski program itu cukup baik untuk pendidikan karakter siswa, tetapi di sisi lain menjadi ancaman tersendiri untuk keberadaan madrasah Diniyah dan TPQ.

“Kita tahu gagasan Full Day School ini bersifat kota sentris, yang secara filosofis menganggap orang tua bekerja delapan jam serta memiliki fasilitas sekolah yang memadai, dan nyaman bagi anak didik sepanjang hari.” Katanya

Tetapi kenyataannya secara umum kondisi sekolah yang ada masih kurang layak untuk proses belajar mengajar dan  fasilitasnya pun minim, bahkan bangunan pun reyot,” jelas Sodik dalam siaran persnya yang diterima PojokBandung.

Kondisi sekolah kurang layak itu, lanjut Sodik, masih banyak dialami madrasah dan TPQ. Apalagi jika melihat lebih jauh kondisi ekonomi masyarakat yang belum tentu siap menerima program FDS tersebut.

Dengan begitu, anggota MPR Syaifullah Tamliha mengaku, program FDS akan dibawanya ke alat kelengkapan dewan yang ada. “Aspirasinya akan kita perhatikan dan dibawa ke komisi,” tegas dia.

(Atp/PojokBandung)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …